Minta Putin Stop Invasi ke Ukraina, Netizen Singgung Bahasa yang Digunakan Jokowi

Terkini.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo belum lama ini menelpon Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk membicarakan mengenai masalah perang antara Rusia dan Ukraina yang dimulai sejak Febaruari 2022.

Presiden Jokowi meminta  Putin untuk segera menghentikan serangannya ke Ukraina, mengingat dampak dari invasi itu sangat besar yakni mempengaruhi ekonomi dunia.

Sehubungan dengan hal ini, Netizen mempertanyakan bahasa yang digunakan oleh Presiden Jokowi untuk berkomunikasi dengan Putin, pasalnya menurut netizen kemampuan bahas inggris yang dimiliki oleh presiden tidak begitu baik menurut netizen.

Baca Juga: Absen Sidang Tahunan MPR, Jhon Sitorus Sebut Sikap SBY Kekanak-Kanakan

“Pake bahasa apa?”, komentar Netizen di kolom komentar CNN Indonesia, dikutip pada, Sabtu 30 April 2022.

Sebelumnya, Selain itu, netizen mengatakan bahwa sebelum melangkah jauh ke skala internasional, seharusnya Jokowi ter;ebih dahulu harus mampu membuktikan untuk menaklukkan segala mafia yang saat ini meresahkan rakyat dan menghambat kesejahteraan rakyat.

Baca Juga: Pengamat Kritik Pedas Pidato Jokowi di Sidang MPR Cuma Ngulang-ngulang

“Buktikan dulu mampu menaklukkan mafia migor, mafia impor, mafia hukum, dan segala jenis mafia dalam negeri yang merongrong negara dan menyengsarakan rakyat, barulah punya wibawa di kalangan internasional. Kalo ‘Sekedar’ ngatur minyak goreng aja ga becus, apa kata Mr Putin?”, tulis netizen.

Diketahui, perbincangan Jokowi dan Putin melalui sambungan telepon membahas mengenai permintaan Jokowi kepada Rusia untuk segera menghentikan serangan ke Ukraina.

“Saya menggarisbawahi perang harus dihentikan segera dan memberi kesempatan untuk negoisasi damai. Indonesia siap berkontribusi untuk mencapai tujuan ini”, kata Jokowi dalam keterangannya di akun Twitter resminya.

Baca Juga: Pengamat Kritik Pedas Pidato Jokowi di Sidang MPR Cuma Ngulang-ngulang

Jokowi mengatakan bahwa dia juga membahas mengenai situasi Ukraina saat ini. Selain itu, dia dan Putin juga membahas mengenai kerjasama G20.

Pernyataan Jokowi sejalan dengan keterangan resmi Rusi melalui situs resmi Kremlin, Rusia mengakui ada pembicaraan tentang Ukraina dalam Komunikasi Jokowi-Putin.

“Atas permintaan Joko Widodo, Vladimir Putin menguraikan pandangan Rusia tentang situasi di Ukraina terkait operasi militer khusus yang sedang berlangsung”, tulis situs resmi Rusia, dikutip dari laman CNN Indonesia.

Sebelumnya, Jokowi juga sempat menghubungi presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. Pembahasan yang sama pun dibicarakan Jokowi dengan Zelenskyy yakni terkait perang dengan Rusia.

“Kemarin, saya bicara dengan presiden Ukraina @ZelenskyyUa. Saya ulangi, Indonesia mendukung segala upaya negoisasi damai untuk berhasil dan siap memberikan bantuan kemanusiaan”, ungkap Jokowi.

Bagikan