Masuk

Kecam Jokowi, Natalius Pigai: Kurang Sopan dan Resiprokal dalam Diplomasi dengan AS

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) mengecam Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang menurutnya kurang sopan dan resiprokal dalam diplomasi dengan United State of Amerika (USA) atau Amerika Serikat (AS).

Pasalnya, Presiden Jokowi berangkat ke Cina bertemu Xi Jinping saat Kepala Staf Gabungan Jenderal AS, Mark Milley.

“Presiden Jokowi sekali lagi tunjukkan tindakan yang tidak elok/pantas pada USA,” kata Natalius PIgai melalui akun Twitter @NataliusPigai2, seperti dikutip terkini.id pada Kamis, 28 Juli 2022.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

“Di saat Kepala Staf Mark Miley di Indonesia, Jokowi ke China bertemu Xi Jinping. Saya kecam sikap Presiden yang tunjukkan kurang sopan dan resiprokal dalam diplomasi dengan USA,” sambungnya.

Dilansir dari CNN Indonesia, Presiden Jokowi tiba di Beijing, Cina pada Senin, 25 Juli 2022. Pada Selasa, ia melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Cina, Xi Jinping.

Sebagaimana dikutip dari laman Setkab, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan bahwa kunjungan Jokowi ke Cina adalah untuk membahas mengenai sejumlah isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang.

Baca Juga: Jokowi Menyebut Orang yang Berambut Putih Adalah Pemimpin Rakyat

Sekedar catatan, Presiden juga akan berkunjung ke Jepang dan Korea Selatan dan bertemu dengan para pemimpin negara ini.

“Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut,” kata Retno, dalam keterangannya pada 25 Juli 2022.

Adapun Jenderal Mark A Milley berkunjung ke Indonesia, tepatnya Markas Besar Tentara Nasional Indonesia pada Minggu, 24 Juli 2022. Kunjungannya diterima oleh Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.

Dilansir dari Kumparan, Jenderal Andika mengatakan, dirinya membahas banyak hal dengan Milley, mulai dari kerja sama militer hingga penanganan misi kemanusiaan.

Baca Juga: Relawan Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa Saat Jokowi Tiba di GBK

“Banyak yang kita bicarakan tadi, yang intinya, jelas tadi bersahabat, melatih bersama, ini akan membuat kita percaya diri dan memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan keamanan, dan tantangan lain atau bencana alam dan misi kemanusiaan,” beber Andika usai pertemuan.