Nekat Hadir Sejak Subuh di Istiqlal, Kelompok Massa Reuni 212 ini Diusir oleh Polisi

Terkini.id, Jakarta – Sejumlah kelompok massa yang diduga ingin menghadiri reuni 212 di Jakarta nampak dibubarkan oleh pihak kepolisian yang sedang berjaga.

Diketahui sebelumnya, Koordinator Lapangan reuni aksi 212 Ismail Ibrahim mengatakan, jika Reuni 212 akan tetap berlangsung di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, pada Kamis 2 Desember 2021.

Ismail juga menyebut jika reuni 212 akan digelar mulai pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Tak Gentar Lawan Luhut Hingga Pengadilan, Fatia Ngaku Punya Bukti...

Dikutip dari CNN Indonesia, sejumlah kelompok massa 212 sudah hadir sejak pukul 05.30 WIB dan terlihat menyebar di berbagai titik di sekitar Masjid Istiqlal yang tak jauh dari kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Meskipun Masjid Istiqlal terlihat ditutup, salah satu kelompok massa 212 dengan berbusana putih sedang melaksanakan salat subuh berjamaah. Sekitar 30 orang melaksanakan salat subuh di trotoar muka gerbang timur Masjid Istiqlal yang tertutup itu.

Baca Juga: Pemuda Gereja Akan Lapor Polisi, Lantaran Tidak Terima Karena UAS...

Sedangkan tampak di seberangnya, Katedral Jakarta juga dijaga oleh beberapa aparat keamanan Polri dan TNI. Mobil-mobil ambulans pun juga tersedia turut berjaga.

Kendati demikian, tidak tampak penjagaan khusus dari aparat kepolisian di sekitar Masjid Istiqlal. 

Namun, nampak sebuah mobil Raisa berkeliling mengitari area Istiqlal sembari memberikan himbauan kepada massa reuni 212 yang berkumpul segera meninggalkan lokasi.
    
“Kami beritahukan bagi masyarakat yang merasa diundang reuni 212, bahwa kegiatan tersebut tidak ada. Silakan untuk meninggalkan lokasi,” kata suara komando dari mobil Raisa.

Baca Juga: Pemuda Gereja Akan Lapor Polisi, Lantaran Tidak Terima Karena UAS...

Himbauan itu diulang berkali-kali, terutama di titik-titik ramai massa reuni 212. Suara komando menyoroti keberadaan anak-anak dan remaja yang hadir bersama orang tuanya untuk segera pulang.

Ada pula beberapa pedagang hadir untuk mencoba peruntungannya di tengah titik-titik kerumunan massa.

Pihak Polda Metro Jaya telah menegaskan tidak memberi izin gelaran Reuni 212 di kawasan tersebut. Aparat kepolisian pun telah menutup ruas jalan di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau sekeliling Monas sejak pukul 00.00 WIB hingga nanti jam 21.00 WIB.

Penutupan kawasan tersebut diupayakan guna mencegah massa aksi Reuni 212.

Bagikan