Nilai KPU Barru Tidak Netral, Malkan Amin Minta Maaf Tak Hadir di Debat Kedua

Malkan Amin
Calon Bupati Barru Malkan Amin

Terkini.id, Barru – Dua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Barru, yakni Paslon nomor urut 1 Mudatsir Hasri Gani-Aksa Kasim, dan Paslon nomor urut 3 Malkan Amin-Salahuddin Rum memilih untuk tidak menghadiri Debat Kandidat Putaran Kedua yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru.

Hal itu lantaran kedua paslon tersebut tidak percaya lagi terhadap netralitas KPU Barru sebagai penyelenggara dalam Pilkada Serentak tahun 2020.

Pernyataan sikap tersebut dilayangkan kedua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Barru, melalui video singkat yang diedarkan kedua paslon tersebut lewat berbagai grup WhatsApp dan juga sejumlah media sosial.

Sesuai dengan video singkat tersebut, Calon Bupati Kabupaten Barru, Malkan Amin, mengutarakan permohonan maafnya kepada masyarakat Kabupaten Barru, karena pada tahapan Pilkada Barru 2020 yakni Debat Kandidat Putaran Kedua dirinya tidak hadir lantaran merasa kecewa dengan penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barru.

“Kami memohon maaf karena pada Debat Kandidat Putaran Kedua saya tidak hadiri tahapan Pilkada tersebut yang merupakan debat kandidat Putaran Kedua,” kata Malkan Amin seperti dilihat dari video permintaan maafnya, Rabu 25 November 2020.

Menarik untuk Anda:

Malkan menuturkan, ketidakhadiran dirinya dalam Debat Kandidat Putaran Kedua lantaran ia menilai KPU Barru tidak lagi menjadi penyelenggara Pilkada yang netral terhadap setiap pasangan Calon.

“KPU tidak lagi memberikan keputusan-keputusan sesuai dengan ketentuan diatur dalam undang2 maupun peraturan KPU sendiri, saya tidak ikut debat ini karena tidak percaya lagi kondisi KPU Barru saat ini yang diduga kuat bekerja hanya untuk kepentingan salah satu Paslon,” pungkas dia.

Calon Bupati nomor urut 1, Mudatsir Hasri Gani, juga turut menyesalkan tidak netralnya dan diduga kuat Komisioner KPU Barru tidak dalam posisi netral, dan bahkan bertindak di luar dari aturan yang ada, sehingga kemudian meloloskan Calon Wakil salah satu pasangan calon Bupati Kabupaten Barru.

“Kami tidak ikuti tahapan Pilkada yakni Debat Kandidat Putaran Kedua karena kecewa dengan KPU Barru dan menilai apa yang dilakukan KPUD Barru tidak sesuai dengan Aturan dan Prosedur sehingga meloloskan salah satu Calon Wakil Bupati Barru,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Barru, Syarifuddin H Ukkas, yang dihubungi melalui WhatsApp pribadinya dan ditelpon melalui selulernya enggan menjawab pertanyaan wartawan saat dikonfirmasi terkait hal tersebut.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Jalanan Rusak Akibat Hujan Deras, Ini yang Dilakukan Ibu-ibu di Barru

Cabup Barru Malkan Amin Meninggal Sesaat Sebelum Perhitungan Suara

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar