Optimalisasi KKBPK, Ini Harapan Farid Kasim Judas

Terkini.id, Palopo – Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Palopo, Farid Kasim Judas (FKJ), berharap instruksi presiden tentang optimalisasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) atau Kampung Keluarga Berencana dapat dilaksanakan dengan melibatkan semua pihak.

Hal tersebut disampaikan Farid Kasim Judas pada rapat kolaborasi dalam rangka optimalisasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Senin, 3 Februari 2020.

Baca Juga: Pengurus AFK Palopo Dilantik, Siap Tingkatkan Prestasi Atlet Cabang Futsal

Menurutnya, untuk Kota Palopo, ada beberapa titik atau spot dan tersebar di seluruh kecamatan. Dan pelaksanaan kampung KB tidak hanya dapat di optimalkan antar lintas sektoral atau hanya melibatkan OPD tetapi juga akan melibatkan instansi vertikal bahkan instansi swasta.

“Namun sebagai langkah awal tahun ini optimalisasi kita laksanakan pada internal Pemkot dulu setelah itu baru melibatkan pihak lain,” ungkap FKJ.

Baca Juga: Rakerda DPD I PKS Palopo, Asisten II Pemkot Sampaikan Ini

Lanjutnya, keterlibatan instansi ke depannya tentunya akan sangat menunjang optomalnya kampung KB, seperti penanganan jembatan dan drainase akan ditangani langsung oleh dinas PUPR.

Ia juga mengingatkan kepada masing-masing penanggung jawab nantinya untuk membuat laporan setiap bulannya terkait perkembangan pekerjaan, baik secara tertulis maupun dalam bentuk gambar.

“Jadi laporan perkembangan masing masing penanggung jawab akan disampaikan ke Sekda, baik laporan tertulis maupun dokumentasi pekerjaannya,” tandasnya.

Baca Juga: Rakerda DPD I PKS Palopo, Asisten II Pemkot Sampaikan Ini

Di kesempatan yang sama, Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir, menyampaikan BKKBN akan menjadi bahagian dari terciptanya kesejahteraan masyarakat. Minimal kalau program KB ini berhasil. Maka jumlah penduduk akan dapat ditekan.

Walikota juga berharap camat, lurah beserta OPD bisa bekerjasama dengan baik, termasuk menyinkronkan data-data masyarakat yang dimiliki masing-masing OPD.

Dalam rapat tersebut turut hadir Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza DP, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Palopo, Drs. H. Burhan Nurdin, para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Palopo, para camat dan lurah berserta jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Palopo dan para Penyuluh KB.

Bagikan