Masuk

Orang Nomor Satu di BUMN telah Digantikan, Sharon Florencia Mewujudkan Kepemimpinan Perempuan di Dunia Kerja

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Penetapan orang nomor satu di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dilakukan kemarin, Kamis, 30 September 2021. Menteri BUMN Erick Thohir telah digantikan oleh Sharon Florencia, sosok perempuan muda asal Bekasi, namun penetapan ini hanya berlaku sehari.

Ini merupakan bagian dari program #GirlsTakeover 2021. Kegiatan kampanye yang dilakukan oleh BUMN bersama dengan Plan Indonesia dan Srikandi BUMN. Tujuan kegiatan ini ialah mewujudkan kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan di dunia kerja.

Menteri Erick Thohir memilih Sharon Florencia, perempuan berusia 24 tahun sebagai penggantinya selama satu hari pada, Kamis, 30 September 2021. Pemilihan tersebut ditayangkan di Live Instagram Kementerian BUMN pada, Rabu, 29 September 2021.

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN Batch II Telah Dibuka! Berikut Jadwalnya

Sharon yang merupakan sarjana di bidang psikologi merupakan best graduate office development program (ODP) di salah satu BUMN. Selama masa pandemi, Sharon telah memimpin tim Covid Rangers yang bertugas dalam mendorong kesadaran seluruh anggota tim demi mencegah penularan Covid-19.

Erick menyampaikan bahwa, Sharon akan memimpin rapat pimpinan dan sejumlah pokok bahasan penting didiskusikan pada rapat pimpinan tersebut, seperti kesetaraan gender. Kemudian, membahas pula persoalan program kementerian yang akan fokus pada pendidikan, lingkungan hidup dan UMKM.

Menurut Erick, Sharon harus memanfaatkan kesempatan ini. Ia tidak boleh sungkan memberikan berbagai macam masukan mendalam saat memimpin rapat. Karena masukan tersebut sangatlah penting bagi perbaikan serta perkembangan yang ada di tubuh Kemneterian BUMN.

Baca Juga: Erick Thohir Diutus Cek Lokasi Pernikahan Putra Jokowi di Solo, Ada Pesta Rakyat untuk Wisatawan Lokal

Pada live streaming tersebut, Erick juga mengumumkan Lima perempuan yang juga akan mengisi posisi direktur utama BUMN. Penetapan posisi tersebut merupakan bagian dari program #GirlsTakeover 2021.

Dikutip dari cnbcindonesia, terdapat lima BUMN yang bekerjasama dalam kampanye kegiatan ini Bersama dengan Kementerian BUMN, yakni PT Angkasa Pura I (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Kimia Farma Tbk (KAEF), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dengan anak usaha IndiHome dan PT Telkomsel.

Proses pemilihan enam  perempuan tersebut sangat sulit untuk dilakukan. Seluruh proses pemilihan dan penilaian dilakukan secara profesional serta melalui pemeriksaan yang ketat hingga pada akhirnya ditetapkan sebagai Menteri BUMN.

“Dari 6 terbaik milihnya susah, mohon maaf tetapi memang harus memilih. Keenam perempuan terpilih tersebut memiliki bakat dan sama persis dengan apa yang harus dimiliki oleh seorang profesional BUMN. Artinya pemilihan ini sudah bisa mentransformasi BUMN dan ini sangat penting dalam transaksi serta tranformasi bisnis,” pungkas Erick, dilansir dari liputannews, 29 September 2021

Baca Juga: Ibu Iriana Jadi Bahan Candaan, Ini Kata Erick Thohir