Pameran Produk dan Budaya Indonesia 2021 di Shanghai: Langkah Diplomasi Ekonomi dan Budaya Indonesia

Pameran Produk dan Budaya Indonesia 2021 di Shanghai: Langkah Diplomasi Ekonomi dan Budaya Indonesia

Helmi Yaningsi
Redaksi

Tim Redaksi

Terkini.id, Jakarta- Promosi Produk dan Budaya Indonesai 2021 diselenggarakan di Sinar Mas Plaza, Shanghai pada Jumat, 15 Oktober 2021. Kegiatan ini mengusung tema ‘The Colours Of Indonesia: Kopi Indonesia In Shanghai’.

Promosi Produk dan Budaya Indonesia merupakan inisiasi KJRI Shanghai dan didukung oleh ITPC Shanghai, Sinar Mas Group-APP China, kalangan perusahaan dan pebisnis Indonesia di Shanghai yang tergabung dalam Indonesia Chamber of Commerce in China Region (INACHAM), Human Letters International Center (HLIC) Shanghai, Tim Kesenian, Angklung dan Fashion Show dari Asosiasi Komunitas Ibu-ibu Masyarakat dan Diaspora Indonesia, serta para pelajar Indonesia di Shanghai.

Kegiatan ini diselenggarakan rangka Perayaan HUT ke-76 Kemederkaan RI  pada 17 Agustus yang lalu. Selain itu, kegiatan ini juga diadakan dalam rangka perayaan 71 Tahun Hubungan Persahabatan Indonesia dan Tiongkok.

Dubes RI menegaskan bahwa hubungan persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok berkembang dengan pesat.

Hampir satu dekade terakhir telah memasuki jenjang hubungan bilateral pada tingkat ‘Kemitraan Strategis’, khususnya dalam pengembangan bidang kerja sama ekonomi, bisnis, perdagangan dan investasi yang saling menguntungkan bagi masyarakat kedua negara.

Baca Juga

Selanjutnya, dalam konteks kerja sama ekonomi, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, hubungan perdagangan dan investasi kedua negara meningkat tajam, bahkan di tengah global pandemic Covid.

Secara keseluruhan, total nilai perdagangan kedua negara dari tahun 2017 sampai dengan Juli 2021 mencapai US$355,51 miliar (ekspor Indonesia ke RRT US$158,20 milyar dan ekspor RRT ke Indonesia sebesar US$197,31 miliar), dilansir dari Media Indonesia.

‘The Colours of Indonesia’ yang berlangsung selama tiga hari yaitu pada 5-17 Oktober 2021, menampilkan promosi berbagai produk food manufactures dan produk lainnya dari perusahaan Indonesia di Shanghai.

Produk-produk tersebut antara lain Mayora, Kapal Api, Balini Coffee, Yes Cofie, Yantyty Group, Rusto Tempeh, Sinar Mas APP China, Indonesia Street Art. Company & Taihe Group, Kayu Manis Spa & Resort, Indofood, iLetters International Center, Papatonk, Mandiri Shanghai, dan juga dimeriahkan pameran produk Batik oleh DWP KJRI Shanghai.

Selain itu, juga ada penampilan dari musik (angklung) dan lagu tradisional khas Indonesia yang sangat memukau.

Selanjutnya juga ada fashion show yang dipersembahkan oleh Team Indonesian Batik Fashion Show dari Human Letters International Center, serta fashion show persembahan Asosiasi Komunitas Ibu-ibu Masyarakat dan Diaspora Indonesia di Shanghai.

Kegiatan Promosi Produk dan Budaya Indonesia ini merupakan wujud ‘Indonesia Incorporated’ dari segenap elemen warga masyarakat dan diaspora Indonesia dalam mendukung diplomasi ekonomi dan budaya Indonesia di Tiongkok melalui Kota Shanghai.

Diharapkan melalui penyelenggaraan kegiatan promosi ini, kalangan masyakarat dan mitra sahabat Indonesia di Kota Shanghai semakin mengenal produk dan budaya, serta berbagai keunggulan destinasi pariwisata Indonesia, seperti diungkapkan oleh WP. Gultom, Konsul Ekonomi KJRI Shanghai selaku Ketua Panitia the Colours of Indonesia.

Kegiatan yang dibuka mulai siang dipadati oleh pengungjung. Selain dihadiri lebih dari 80 tamu undangan dari berbagai kalangan, juga terlihat masyarakat yang begitu ramai memenuhi venue acara ajang promosi produk dan budaya Indonesia di Sinar Mas Plaza, Shanghai.

Dapatkan update berita terkini setiap hari dari Terkini.id. Mari bergabung di Saluran Whatsapp "Terkinidotid", caranya klik link https://whatsapp.com/channel/terkinidotid, kemudian klik ikuti.