Panggilan Kemanusiaan, Makassar Kekurangan Stok Darah

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Ruangan Donor PMI Daerah Sulsel
Foto : Istimewa (01/04/2020)

Terkini.id, Makassar – Bulan Maret Tahun 2020 menjadi masa yang sulit bagi banyak kalangan. Tidak terkecuali bagi Palang Merah Indonesia (PMI). PMI akhirnya merasakan dampak dari mewabahnya virus Corona di Sulawesi Selatan.

Seperti yang kita ketahui dari pengumuman oleh Presiden Joko Widodo (2/3/2020), terdapat dua pasien pertama di Indonesia. Berbagai langkah mitigasi resiko telah diambil baik dari pemerintah pusat, sampai ke tingkat warga. Salah satu mitigasi yang dilakukan adalah himbauan untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau dikenal sebagai Work From Home(WFH). Di dunia maya pun digaungkan dengan tagar #diRumahAja.

Banyaknya instansi negeri dan kantor swasta yang akhirnya melakukan pekerjaan dari rumah, mengakibatkan beberapa jadwal donor darah menjadi tertunda. Hal ini menjadikan persediaan darah semakin sulit karena permintaan tidak sebanding dengan persediaan.

Dari pantauan penulis pada pukul 10.27, Rabu 01 April 2020, Kantor PMI Daerah Sulawesi Selatan di Jalan Lanto Daeng Pasewang memang tidak nampak satupun pendonor. Ketika dilakukan konfirmasi kepada petugas, diperoleh informasi bahwa belum ada yang mendonor sampai jam tersebut.

Ibu Hasniati, salah satu Aftaper PMI setempat mengatakan bahwa memang terjadi penurunan jumlah pendonor. Padahal yang membutuhkan justru bertambah.

Baca juga:

“Banyak jadwal yang menunda jadwal karena banyak kantor (rekan penyedia tempat) yang melaksanakan bekerja dari rumah. Padahal pusat tetap mengimbau untuk tetap melaksanakan kegiatan donor darah meski dengan berbagai catatan, yaitu keamanan dan kesehatan,” tambahnya.

Ketika dilakukan konfirmasi, tempat yang dapat dilakukan donor darah mandiri, petugas tersebut memberikan beberapa tempat yakni:
Pertama, PMI Daerah Sulawesi Selatan, Jalan Lanto Daeng Pasewang Nomor 55 Makassar, di depan Rumah Sakit Khusus Daerah Sulawesi Selatan.
Kedua, PMI Kota Makassar, Jalan Kandea No.8, Makassar.
Ketiga, di Kantor Unit Pelaksana Teknis Transfusi Darah Provinsi Sulawesi Selatan, Tamalanrea, Makassar.

Petugas juga menambahkan bahwa pelayanan di PMI adalah 24 jam sehari. Namun, optimalnya dilakukan sampai jam sepuluh malam. Di akhir wawancara, petugas menyampaikan pesan untuk memberitahukan panggilan kemanusiaan ini kepada rekan-rekan pendonor lainnya.

Komentar

Rekomendasi

Sat Sabhara Polres Gowa Aktif Gaungkan Gunakan Masker

COVID-19 Secara Radikal Percepat Masa Depan Digital

Temukan Kejanggalan, Pemuda Desak Transparansi Pengelolaan Dana Covid-19 di Tamaona Gowa

Bain Ham RI Investigasi Laporan Warga Kongkalikong Dipengadilan Negeri Jeneponto

Penyaluran BBM dan LPG Berjalan Lancar Selama Lebaran, Pertamina Apresiasi Masyarakat Sulawesi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar