Makassar Terkini
Masuk

Partai Ummat Dikhawatirkan Bubar, Saudra Fadhli: Susunan Partai yang Kurang Akomodir

Terkini.id, Jakarta – Pasca Mundurnya sejumlah kader elite, Partai Ummat dikhawatirkan bubar. Sebab, baru beberapa bulan partai baru Amien Rais itu dideklarasikan sebelum Pemilu 2024.

Terkait hal tersebut, Partai Ummat menyita perhatian publik, baik dikalangan politisi maupun masyrakat umum.

Pegamat Politik dan Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (Sudra) Fadhli Harahab mengatakan dikhawatirkan Partai Ummat bubar sebelum ikut bertarung.

“Dikhawatirkan, sebelum pemilu 2024 Partai Ummat sudah bubar duluan sebelum ikut bertarung,” ujar Fadhli, Sabtu 9 Oktober 2021. Mengutip dari Sindonews.

Fadhli melihat sejak awal konstruksi partai yang dipimpin oleh menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi itu sudah rapuh.

“Itu terlihat dari susunan pengurus partai yang saya kira kurang mengakomodir banyak kepentingan. Sehingga yang terbentuk adalah image partai keluarga, eksklusif,” katanya.

Akibatnya, kata Fadli, keputusan dan kebijakan di internal partai itu dihasilkan hanya oleh segelintir orang terdekat.

“Bisa dikatakan ada ketimpangan komunikasi dalam mengeluarkan kebijakan,” imbuhnya.

Padahal, lanjutnya, sebagai partai baru, perlu adanya keterbukaan. Menurut Fadli, Partai Ummat harus bisa menampung berbagai ide dan gagasan.

“Kalau pengurus mundur terus, kerugian bagi Partai Ummat. Terlebih makin banyak partai berbasis massa dan ideologi Islam yang sedang mekar-mekarnya. Tentu tantangan bagi Partai Ummat untuk melakukan hal yang berbeda dari yang sudah ada,” pungkas Fadhli Harahab.