Masuk

Pasca Ditegur Prabowo, Kini Fadli Zon Teriak Tolak Amandemen Konstitusi 3 Periode

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Anggota DPR RI Komisi I Fadli Zon kembali bersuara setelah mendapat teguran dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Fadli Zon dengan suara yang lantang mengaku mendukung relawan deklarasi capres yang berlaga di Pilpres 2024.

“Deklarasi relawan mendukung bakal calon presiden adalah suatu harapan bagi keberlanjutan demokrasi,” ujar Fadli Zon, Senin 15 November 2021.

Baca Juga: Masuk Tahun Politik, Sahabat DP dan Ganjaris Celebes Dorong Danny Pomanto Maju Pilgub Sulsel

Dukungan ini diberikan Fadli Zon bukan tanpa alasan, sebab menurutnya tahun 2022 sudah memasuki tahun politik dan semua partai akan memanaskan mesinnya maisng-masing.

“Apalagi tahun depan sudah masuk tahun politik dengan dimulainya proses verifikasi parpol,” kata Fadli.

Lebih lanjut Fadli Zon menilai bahwa fenomena relawan harus dibaca sebagai bentuk penolakan terhadap amendemen konstitusi 3 periode.

Baca Juga: Danny Pomanto Soal Maju Pilgub Sulsel 2024, Serahkan Sepenuhnya pada Relawan

“Bahwa tak ada tempat bagi perombakan konstitusi untuk 3 periode atau perpanjangan masa jabatan presiden. Siklus demokrasi 5 tahunan merupakan keinginan mayoritas rakyat Indonesia,” tegas Fadli Zon.

Seperti diketahui, Partai Gerindra sendiri juga telah menerima berbagai dukungan dari para relawan.

Tidak hanya untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, tetapi juga untuk Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Dikabarkan bahwa salah satu kelompok yang memberikan dukungan untuk Sandiaga Uno adalah Ijtimak Ulama dan Pemuda Islam Indonesia.

Baca Juga: Dua Pekerja PT GNI Tewas, Fadli Zon: Buruh Asing Diistimewakan, Lokal Dianaktirikan!

Meski demikian, Direktur Eksekutif Political and Policy Public Studies (P3S) Jerry Massie menilai hal tersebut hanya sekadar deklarasi saja.

“Memang kelompok ulama ijtima sudah mendeklarasikan Sandiaga Uno jadi capres. Tapi ini kan masih sebatas deklarasi,” ujar Jerry, dilansir dari Warta Ekonomi.

Lebih lanjut Jerry menilai sah-sah saja apabila ada seseorang dinominasikan atau didukung sebagai capres pada 2024. Kendati demikian, dirinya tak yakin Sandi bisa membobol benteng Gerindra yakni, Prabowo.

“Secara linear partai Gerindra pastinya tetap mendukung atau mencalonkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto,” tandasnya.