Pembekalan Relawan Muslimah Tanggap Bencana

Pembekalan Relawan Muslimah Tanggap Bencana

Terkini.id,Makassar – Seorang relawan harus punya kompetensi dan keterampilan dengan landasan jihad kemanusiaan menjadi latar belakang terselenggaàranya kegiatan Pembekalan Relawan Muslimah Tanggap Bencana, Minggu 3 Maret 2019 kemarin.

Pembekalan yang diselenggarakan Departemen Sosial Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Muslimah Wahdah ini berlangsung di Auditorium Bata Ilyas Amkop.

Kegiatan ini  dihadiri ratusan relawan Muslimah Wahdah berasal dari berbagai daerah seluruh Indonesia seperti Kendari, Pinrang, Toraja, Sidrap, Enrekang dan berbagai kecamatan di Makassar.

Relawan dibekali berbagai materi yang sangat membantu ketika menjalankan perannya. Seperti Eksistensi Wahdah  sebagai Lembaga Tanggap Darurat Bencana, Jurnalistik Kebencanaan, Standard Operasional Prosedur (SOP) Tanggap Darurat, Bantuan Hidup Dasar/Pertolongan Pertama Korban Kecelakaan (BHD/P2K) serta Etika dan Adab Relawan.

Etika relawan merupakan materi yang sangat penting buat peserta agar  tidak bersikap gegabah ketika tanggap bencana. Tak hanya itu, etika dihadapan donatur pun demikian. Tak hanya materi, peserta pembekalan juga diberi simulasi tanggap bencana khususnya untuk BHD dan P2K.

Koordinator Departmen Sosial, Ummu Iffah Thahirah mengungkapan keberadaan relawan Muslimah Wahdah ini sebagai basis dalam menyiarkan dakwah. Selain itu, adanya Wahdah Peduli sebagai fasilitator dalam mengembalikan ruhiyah dan spiritual korban bencana.

Ummu Iffah yang juga sebagai Koordinator Muslimah Wahdah Peduli ini sangat berharap besar kepada peserta pembekalan dapat menjalankan amanah sebagai relawan sebagai sarana dakwah.

“Setiap relawan yang hadir ini bisa menunjukkan peran dengan basis dakwah, bahkan menjadi sarana agar orang bisa menerima dakwah ini,” harapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

252 CPNS UIN Alauddin Resmi Terima SK

Terkini.id, Makassar - Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Musafir Pababbari serahkan Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada 252 dosen  yang  lolos
Kampus

Mahasiswa Unhas Peduli Budaya dengan Cara Ini

Terkini.id,Makassar - Indonesia merupakan negara yang kaya akan tradisi, budaya dan adat istiadat. Keberagaman tersebut merupakan aset yang dimiliki sebagai warisan budaya dan tidak