Pemerintah Kota Makassar Gratiskan Tes Antigen bagi Peserta CPNS dan PPPK 2021

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar menggratiskan biaya tes usap antigen bagi peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pasalnya, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tahun ini akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang lebih ketat lantaran pandemi Covid-19.

Tes Covid-19 menjadi salah satu syarat mengikuti SKD bagi peserta CPNS dan PPPK. Adapun jumlah peserta tes CPNS di Kota Makassar sebanyak 5.181 orang.

Baca Juga: Anggaran Sertifikasi Lahan Terbatas, Mafia Tanah Merajalela di Kota Makassar

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Siswanta Attas mengatakan para peserta yang ingin melakukan tes usap antigen untuk mendatangi Puskesmas atau rumah sakit milik pemerintah kota.

“Antigen itu berlaku 24 jam. Jadi dia kalau mau tes pagi, sore hari bisa sudah mengikuti tes,” kata Siswanta, Sabtu, 11 September 2021.

Baca Juga: Instagrammable, Pemkot Makassar Bakal Sulap Lorong Wisata Jadi Ikon Baru

Ia menuturkan, pihaknya dibantu oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan RSUD Daya telah siap untuk menjadi tempat para peserta melakukan tes antigen.

“Saya sudah koordinasi dengan Plt Kadis Kesehatan dan Plt RSUD Daya, dua hari lalu dan mereka siap membantu,” tuturnya.

Dia menjelaskan, caranya, para peserta hanya memperlihatkan kartu tes setelah itu langsung diberikan tes antigen gratis

Baca Juga: Instagrammable, Pemkot Makassar Bakal Sulap Lorong Wisata Jadi Ikon Baru

Peserta yang datang ke RS atau Puskesmas diharapkan sesuai jadwal sehari sebelum waktu tes CPNS. Selebihnya, kata dia, jika peserta membludak maka puskesmas maupun rumah sakit yang mengatur bagaimana teknis di lapangan. 

“Empat hari itu pelaksanaan tes-nya kota Makassar, kan tidak langsung semuanya. Jika dia tes tanggal 7 Oktober maka tes antigennya tanggal 6. Sehari sebelumnya,” papar Siswanta.

Tes seleksi sendiri diketahui mundur dari jadwal sebelumnya. Awalnya diperkirakan pada pertengahan September, tetapi diundur hingga Oktober bulan depan.

Plt Kepala Dinas Kota Makassar dr. Nursaidah Sirajuddin membenarkan kebijakan tersebut.

“Iya, benar,” singkatnya.

Sementara, Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Daya Makassar, Wisnu mengaku pihaknya siap jika ditunjuk sebagai tempat fasilitas tes antigen gratis bagi peserta CPNS.

“Saya belum dapat info. Tapi kalau pemerintah kota yang siapkan, pada prinsipnya kami sebagai pelaksana layanan, siap,” ujar Wisnu.

Menyoal ketersediaan antigen, Wisnu mengungkapkan belum tahu pasti jumlahnya. Namun sejauh ini kebutuhan pasien selalu aman dan terpenuhi.

“Jumlah pastinya saya tidak tahu persis, yang pasti selama ini tercukupi untuk pasien. Yang penting ada petunjuk dari pemerintah kota,” tutupnya.

Bagikan