Pemkab Jeneponto dan Kemenpan Bakal Gelar Pelatihan SAKIP, Ini Jadwalnya

Setda Jeneponto, Syafruddin Nurdin memimpin rapat terbatas persiapan Coaching Clinic SAKIP Pemkab Jeneponto dengan Kemenpan RI

Terkini.id, Jeneponto – Sekretaris Daerah (Sekda) Jeneponto, Syafruddin Nurdin memimpin rapat terbatas persiapan Coaching Clinic Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI.

Rapat terbatas tersebut berlangsung di ruang rapat Sekda Jeneponto, Kantor Bupati Jeneponto, Jalan Lanto Daeng Pasewang Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Selasa, 8 September 2020.

“Coaching Clinic SAKIP Pemkab Jeneponto dengan Kemenpan dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 18 hingga 20 September 2020 di Makassar,” kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Jeneponto, Mustaufiq.

Terkait dengan jadwal tersebut, Sekda Jeneponto melakukan rapat terbatas dengan beberapa OPD.

“Rapat tersebut untuk memastikan kesiapan beberapa OPD yang akan menyajikan presentasi didepan Kemenpan,” ungkap Mustaufiq.

Menarik untuk Anda:

Lebih lanjut Mustaufiq mengatakan, Coaching Clinic SAKIP dilaksanakan berdasarkan peraturan Presiden nomor 29 tahun 2014 tentang SAKIP.

“Dalam Pepres nomor 29 tahun 2014 menyebutkan SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklarifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah,” jelas Mustaufiq.

Dia menyampaikan, tujuan SAKIP adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintahan yang baik dan terpercaya.

“Sasaran menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel, sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannya, terwujudnya transparansi instansi pemerintah, terwujudnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional dan terpeliharanya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,” pungkasnya.

Adapun pelaksana kegiatan tersebut adalah bagian organisasi dan reformasi berokrasi Setda Pemkab Jeneponto.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Update Kasus Covid-19 di Jeneponto Capai 450, Sembuh 363 Orang

Selama Sebulan, Tim Gabungan Operasi Yustisi Jeneponto Temukan 9.335 Pelanggar Protokol Kesehatan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar