Pemkab Lutra dan Balai Bahasa Helat Seminar Lanjutan Penyusunan Kamus Bahasa Limola

Terkini.id,Lutra – Bahasa merupakan objek kemajuan kebudayaan suatu daerah. Olehnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Luwu Utara bekerjasama dengan Balai Bahasa Sulawesi Selatan menggelar seminar lanjutan penyusunan kamus bahasa Limola, Rabu, 11 Desember 2019 di ruang rapat Wakil Bupati Luwu Utara.

Ketua tim ahli Balai Bahasa Sulsel, Nurul Aidar mengatakan tujuan seminar ini untuk menindaklanjuti senarai atau padanan kata penyusunan kamus Limola yang sudah dimulai sejak setahun yang lalu.

“Untuk itu akan dilakukan verifikasi terkait beberapa definisi yang masih kurang jelas dan sudah digaris bawahi oleh Balai Bahasa Sulsel,” ujarnya.

Lanjut Nurul menyebutkan tahapan-tahapan yang tidak mudah dalam penyusunan sebuah kamus. Menurutnya, jangan setengah-setengah menyusun kamus ini, karena ini akan menjadi bukti untuk anak cucu kita nanti, apalagi kalau suatu saat bahasa Limola sudah betul-betul tidak ada.

Mungkin Anda menyukai ini:

“Jangan sampai bahasa Limola cuma sekedar disinggung di sejarah tapi tidak ada bukti. Semoga kamus ini nantinya bisa menjadi dokumentasi yang bukan sekedar untuk masyarakat Limola, tetapi juga untuk masyarakat luas,” urai Nurul Aidar.

Baca Juga: Pemerintah dan Rumah Sakit Diminta Gunakan Bahasa Daerah Saat Berkomunikasi...

Sementara itu, Kadis Budpar Luwu Utara, Yasir Taba, menyebutkan, dengan disusunnya kamus bahasa Limola ini nantinya bisa menjadi muatan lokal untuk sekolah sekolah di Luwu Utara, mulai dari SD hingga SMA.

“Salah satu bentuk perhatian kami terhadap bahasa, yaitu kami akan mengadakan lomba pidato pada 14 Desember mendatang yang terdiri dari tiga versi bahasa: bahasa Indonesia, Inggris, dan lokal bertempat di permandian air panas Pincara,” tutup Yasir.

Bagikan