Pemkot Makassar Kumpulkan UMKM, Sabri: Perkuat Destinasi Wisata Halal

Pemkot Makassar
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tengah perkuat destinasi wisata halal di Kota Makassar dengan memfasilitasi UMKM

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tengah perkuat destinasi wisata halal di Kota Makassar dengan memfasilitasi UMKM agar memiliki daya saing.

“Kalau kita melihat di negara-negara maju, jangankan negara Islam yang (negara) non Islam pun sudah ada beberapa yang memberikan label halal kepada seluruh makanan yang ada destinasi wisatanya,” kata Asisten 1 Pemerintah Kota Makassar, M Sabri di Hotel Aston, Makassar, Selasa, 8 Oktober 2019.

Sabri menilai bila pemerintah tak melakukan penguatan destinasi wisata halal maka Kota Makassar bakal tertinggal dari kota lain. ia mengatakan, saat ini, Kota Makassar memiliki banyak sekali kuliner.

“UMKM dan destinasi kita mestinya sudah di cap halal sehingga orang-orang yang datang ke sini (Makassar) tidak ragu lagi terhadap kuliner UMKM,” ungkapnya.

Sabri pun berharap semua UMKM di Kota Makassar tersertifikasi halal. Hal itu, kata dia, untuk memberi kepastian kepada pengunjung tentang makanan halal yang dihidangkan.

“Sehingga semua yang datang di Makassar maupun warga Makassar sudah tidak ragu lagi tentang makanan halal,” terang Sabri.

Mengutip laporan Mastercard-crescent Rating Global Muslim Travel Index atau GMTI tahun 2019, berikut ini empat kebutuhan dasar wisatawan muslim:

1. Makanan halal

Makanan halal paling penting bagi seorang wisatawan muslim saat bepergian. Sebab itu, penting untuk melakukan dan mempromosikan gerai makanan yang sudah memiliki sertifikasi halal di daerah tujuan wisata. Tanda halal pada tempat makan juga mempermudah wisatawan muslim menemukan makanan halal.

2. Tempat ibadah

Fasilitas untuk beribadah juga perlu diperhatikan karena ini kebutuhan seorang muslim. Ketika bepergian, beberapa wisatawan muslim biasanya menggabungkan sholatnya atau jamak dan melakukannya tiga kali sehari.

Lokasi wisata halal harus menyediakan ruang shalat atau masjid dengan arah kiblat yang jelas. Penting juga memberikan fasilitas wudhu yang bersih dan nyaman, toilet ramah muslim, sampai peralatan salat yang memadai.

3. Toilet ramah muslim

Kebersihan dan kesucian adalah bagian penting dari wisata halal. Wisatawan muslim mesti mencari sumber air yang memadai di toilet untuk bersuci. Sebab itu, perlu diperhatikan kriteria toilet yang ramah muslim.

Yang utama adalah tersedia air di dalam toilet untuk membersihkan diri dan bersuci. Menyediakan toilet ramah muslim bukan urusan sulit karena sudah banyak tersedia hand shower dan kloset bergaya Jepang yang menyediakan air bersih.

4. Tidak ada Islamofobia di tujuan wisata

Islamofobia membuat wisatawan muslim enggan datang ke daerah wisata tertentu karena berbahaya bagi mereka.

Komentar

Rekomendasi

Lewat Smart City Conference with JASCA, Pemkot Makassar Bakal Hadirkan Investor Jepang

Jalani Fit and Proper Test di Gerindra, Deng Ical: Kami Satu Visi Misi

Nurdin Halid Pastikan Rekomendasi Golkar Untuk Pilwali Makassar Keluar 7 Maret 2020

Mahasiswa Pascasarjana Unhas Ini Terpilih Sebagai Ketua Umum PP LIDMI

Banjir Hadiah Mewah, IKA Teknik UH Siap Gelar Turnamen Golf Rektor Unhas Cup I

Hari Ketiga Tes CPNS Pemkot Makassar, Tertinggi 460 Poin

Pemkot Godok Perwali: Izin Usaha Harus Ada Rekomendasi PD Parkir

Waduh Pemadam Kebakaran jadi Korban Prank

PDIP Tegaskan Harga Mati Usung Kader di Pilwali Makassar 2020

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar