Pemkot Makassar Siapkan Fasilitas Tempat Tinggal Bagi Perawat Pasien Corona

Pemkot Makassar
Penjabat Wali Kota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar menyediakan fasilitas tempat tinggal bagi tenaga medis yang menangani virus corona. Hal itu menanggapi keluhan perawat yang takut ditolak warga saat pulang bertugas.

“Pemkot sudah siapkan Rumah Sakit Daya, kita siapkan ada mes di situ,” kata Penjabat Wali Kota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb, Kamis, 2 April 2020.

Salah satu sorotan masyarakat adalah pada tenaga medis, termasuk perawat, yang bertugas memberi pelayanan dan bekerja lebih keras.

Permasalahan yang dihadapi tenaga kesehatan di lapangan sangatlah kompleks. Belum selesai dengan masalah keterbatasan alat pelindung diri, kini mereka dihadapkan pada stigma negatif karena merawat pasien Covid-19.

Iqbal mengatakan dari 25 ribu rapid test yang dipesan pemerintah kota baru 1300 yang dapat dipenuhi.

Baca juga:

“Sekitar 400 alat rapid test untuk yang di rumah sakit dan 700-an itu, misalnya ada 1 orang kena, nah kami rapid test untuk orang-orang yang kontak RAP. Mulai dari Anak-anaknya, suaminya satu rumah, nah itu yang kita rapid test,” tegasnya.

Sementara, kata Iqbal, pihak Provinsi Sulsel juga telah menyiapkan beberapa hotel untuk perawat medis seperti Hotel Grand Sayang, Hotel Dalton, dan Balai Diklat Kesehatan.

Peran pemerintah dalam merawat tenaga kesehatan dinilai sangat penting. Pemerintah diharapkan senantiasa memberikan dukungan dan apresiasi melalui penyediaan fasilitas yang memadai bagi tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan.

Negara juga harus hadir memberikan pengertian kepada masyarakat supaya memberi dukungan dan tidak memberi stigma negatif.

Komentar

Rekomendasi

Pj Wali Kota Tegaskan Pemerintah Daerah Tak Punya Wewenang Tetapkan New Normal

Masih Zona Merah, Mal di Makassar Belum Dibolehkan Beroperasi

Bahas Ketahanan Kota Pasca Pandemi, IKA PWK Unhas Siap Gelar Webinar

Dishub Makassar Imbau Pengendara dan Pengusaha Angkutan Tetap Jalankan Protokol

Update 1 Juni Pasien Corona Covid-19 di Makassar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar