Pemprov DKI Keluarkan Dana Rp160 Miliar untuk Bebaskan Rizieq Shihab, Benarkah?

Terkini.id, Jakarta – Kabar mengenai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta mengocek kantong hingga Rp160 miliar dalam upaya pembebasan Habib Rizieq Shihab sedang ramai dibicarakan.

Kabar ini pertama kali beredar melalui media sosial Facebook. Di sebuah grup dalam platform itu, sebuah akun bernama Hes CikCik LaLa membagikan kabar tersebut.

“Dana 160M yg Seharusnya digunakan untuk penanggulangan banjir DKI JKT malah buat membebaskan Rizieq Dari penjara Arab angel angel,” tulis akun tersebut pada Rabu, 3 Maret 2021.

Baca Juga: Sadis! Beber Ancaman ke Kelompok Radikal, Ade Armando: Kalau Merongrong...

Unggahan akun tersebut kemudian dikomentari oleh beberapa anggota yang tergabung dalam grup itu.

Lalu, apakah benar Pemprov DKI Jakarta menghabiskan sekian miliar untuk membebaskan Rizieq?

Baca Juga: Pembunuhan Subang Belum Terungkap, Jenderal Kasus Habib Rizieq Turun Tangan

Dilansir dari Antara, sampai saat ini tak ada informasi resmi dari Pemprov DKI. 

Namun, jika dilihat dari pemberitaan media, Pemprov DKI Jakarta memang memasang anggaran sebesar Rp160 miliar untuk membebaskan lahan di sekitar Sungai Ciliwung.

Pembebasan lahan merupakan upaya normalisasi sungai yang dimana kita ketahui merupakan salah satu cara penanggulangan banjir.

Baca Juga: HRS Center Temukan Plagiarisme dalam Putusan PN, Vonis Rizieq Terancam...

Program ini akan ditangani oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selain itu diketahui pula bahwa, disadur dari Suara.com, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini Yusuf mengatakan pihaknya memperkirakan ada 118 bidang lahan yang akan dibebaskan.

Seluruhnya tersebar di Kelurahan Tanjung Barat, Pejaten Timur, Cililitan, dan Balekambang.

Juaini mengatakan, pihaknya akan mulai melakukan pembebasan lahan pada bulan Maret. Anggaran yang disiapkan juga disebutnya mencapai Rp160 miliar.

Hingga bisa disimpulkan bahwa narasi yang menyatakan Pemprov DKI Jakarta menggunakan Rp160 miliar untuk membebaskan Rizieq Shihab merupakan hoaks atau kabar bohong.

Bagikan