Pemprov Target 2021 Sulsel Jadi Lumbung Daging

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Enrekang, Senin 21 Januari 2019. /Nasruddin

Terkini.id — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menargetkan tahun 2021 akan menjadikan Sulsel sebagai daerah lumbung daging.

Untuk mendorong target tersebut, menurut Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah tidak begitu sulit, sebab Sulsel sudah memiliki cikal bakal yang sangat potensial, termasuk Kabupaten Enrekang yang akan menjadi salah satu kabupaten penyangga ternak.

“Insyaallah pak bupati tinggal memacari waktu ketemu Sinar Mas (Perusahan Besar). Kita akan bicara siapa menanggung apa dan bagaimana sistemnya supaya ini bergerak, karena target kita paling cepat tahun 2021 Sulawesi Selatan ini akan menjadi lumbung danging,” ungkap Prof Nurdin Abdullah di hadapan, puluhan Kepala Desa dan Pemda Enrekang, Senin 21 Januari 2019.

Sebelumnya, mantan Bupati Bantaeng dua periode ini berharap kedepannya sudah tidak lagi melaksanakan impor daging.

“Jujur saja kita ini kalau pas hari raya kebutuhan danging kita pasti di impor. Dan impor kita tidak tanggung-tanggung, asal negaranya juga menghawatirkan, iya mungkin pertama kualitas, kedua cara potongnya apakah sesuai dengan Agama kita,” jelasnya.

Prof Nurdin Abdullah mencontohkan, bagaimana pemerintahan Jepang mengelola pertanian dan peternakan dengan sumberdaya manusia dan tehnologi yang sangat luar biasa.

Oleh karena itu bisa kita melihat Jepang, betapa kita setiap Pemerintah Daerah (Pemda) itu memiliki rens, dengan bakcup tehnologi yang sangat luar biasa.

“Kemarin kita ke Jepang membawa kepada Dinas Peternakan Provinsi Sulawesi Selatan, jadi mereka mengembangkan peternakan itu oleh pemerintah daerah, dan petani disekitarnya menitipkan ternaknya untuk digemukkan,” jelas Nurdin Abdullah.

Berita Terkait
Komentar
Terkini