Masuk

Penetapan Pemenang Tender PSEL di Makassar Pada April 2023

Komentar

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar tengah merealisasikan pengerjaan Pengelolaan Sampah Berbasis Energi Listrik (PSEL). Penetapan pemenangnya sudah bisa dilihat pada April 2023 mendatang.

“Kalau tidak ada halangan, di bulan April 2023, kita sudah punya calon investor yang terpilih,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aryati Puspasari Abady, Selasa, 22 November 2022.

Usai penetapan pemenang ini, masih ada tahapan bagi investor yang ditunjuk untuk melakukan feasibility study atau study kelayakan mereka dalam memastikan apa saja yang mereka akan lakukan.

Baca Juga: Resmikan Kopi Chuseyo, Wali Kota Makassar: Ini Tempat Luar Biasa

Lantas, setelah itu masih ada proses koordinasi dengan pemerintah pusat, kerjasama dan jaminan pembelian listrik bersama PLN serta tipping fee-nya.

Kebutuhan Biaya Layanan Pengelolaan Sampah (BLPS) juga akan ditinjau. Daerah, kata dia, sudah menggelontorkan anggaran tersendiri, besarannya Rp96,4 milliar per tahun.

“Jadi nanti kelihatan ketika investor mengajukan, berapa yang harus ditutup oleh pemerintah pusat, karena ini kombinasi juga dengan pusat,” jelasnya.

Baca Juga: Tekan Angka Inflasi, Pemkot Makassar Siapkan Kontainer Makassar Recover Jadi Lapak Pasar Murah

Dia melanjutkan untuk pengerjaan fisiknya tergantung dari pengurusan kelengkapan dokumen dari pemenang nantinya.

Sebab ada beberapa syarat, seperti, dokumen perizinan, AMDAL, pembicaraan dengan PLN, termasuk hasil feasibility study.

“Pemerintah pusat dan daerah memang harus berikan kemudahan. Karena itu proyek strategis nasional,” imbuhnya.