Pengalaman mahasiswa Polbangtan Gowa: Happy bersama Belgian Blue

Sapi Belgian Blue di Polbangtan Gowa

Salah satu kebanggaan bagi saya pribadi saat saya pertama kali melihat Sapi Belgian Blue dikampus saya sendiri yaitu Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa yang berjumlah 3 ekor. Sebelumnya saya hanya sering melihat sapi tersebut di internet.

Sapi sebanyak 3 ekor tersebut diberikan oleh Bapak Menteri Pertanian Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP kepada Polbangtan Gowa sebagai sarana belajar atas diresmikannya kampus II jurusan Peternakan yang ada di Kabupaten Bone. Sapi tersebut juga adalah sapi yang pertama ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Sebuah kebanggan tentunya bagi kami dengan memiliki sapi tersebut.

Jenis Belgian Blue adalah sapi yang harus berada didaerah beriklim dingin, dan di daerah Gowa seperti yang kita ketahui beriklim panas, maka dari itu kami membantunya dengan memberikan misty fan untuk membantu proses adaptasi lingkungan sapi tersebut dan alhamdulillah itu membantu.

Untuk perawatan, kami sebagai mahasiswa Tk. I diberikan kesempatan setiap pagi, siang, dan sore untuk melakukan pengecekan terhadap sapi tersebut. Kegiatan kami berupa memberikan pakan dan air minum, memandikan, memberi susu, dan membersihkan kandang, ujar Ikhsan, Prodi Budidaya Ternak.

Bersama teman-teman kami bagi kelompok agar semuanya kebagian waktu untuk merawat sapi ini. Untuk teknis perawatan selain kami dibimbing dosen, kami juga telah diberi wawasan sewaktu drh. Oloan Perlindungan, MP (Kepala Balai Embrio Cipelang) datang kekampus kami dan memberikan materi tentang spesifik pemeliharaan sapi belgian blue.

Berita Terkait
Komentar
Terkini