Peringatan Hari Amal Bakti ke-73 Kemenag Kota Palopo

Peringatan Hari Amal Bakti ke-73 Kemenag Kota Palopo

Terkini.id, Palopo Kementerian Agama Kota Palopo menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti ke-73 yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila Kota Palopo, Kamis 3 Januari 2019.

Wakil Walikota Palopo, Ir. H. Rahmat Masri Bandaso selaku pembina upacara membacakan langsung sambutan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan suasana memperingati Hari Amal Bakti Ke-73 Kementerian Agama,

sebagai hari bersejarah ini dalam kesederhanaan, keprihatinan, dan kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari peristiwa alam di beberapa wilayah.

Lanjut RMB, Tujuh puluh tiga tahun silam, pada 3 Januari 1946 Pemerintah membentuk Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (RI).

Peringatan Hari Amal Bakti ke-73 Kemenag Kota Palopo

“Pembentukan Kementerian Agama merupakan keputusan yang bersejarah dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan negara Republik Indonesia hingga kini,”ungkap RMB.

Lanjutnya, berdirinya Kementerian Agama adalah untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat agar semakin meningkat. Agar terjaga kerukunan hidup antar umat beragama yang kian rekat. Yang pada akhirnya kualitas kehidupan keagamaan segenap bangsa makin baik.

Kendati negara kita secara formal tidak berdasar agama tertentu, tidak menetapkan suatu agama sebagai agama resmi negara, akan tetapi keterlibatan negara dan Pemerintah menyangkut kehidupan keagamaan merupakan hal nyata dan niscaya, sesuai konstitusi negara.

“Keberhasilan pembangunan kehidupan beragama sangat menentukan hari depan bangsa,” jelas RMB.

Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam negara kita berdasar Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama.

“Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu “Jaga Kebersamaan Umat”, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan,”harap RMB.

RMB juga mengajak untuk jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antar sesama anak negeri. Khususnya para ASN dan jajaran Kementerian Agama haruslah menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan kita.

“Dalam tugas sehari-hari, setiap aparatur Kementerian Agama harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas, untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan,”ungkapnya.

RMB pada kesempatan itu menyanpaikan kesyukurannya dimana dalam beberapa tahun terakhir Kementerian Agama telah meraih sejumlah capaian dalam Reformasi Birokrasi, diantaranya kenaikan Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi.

Juga indeks kepuasaan publik atas pelayanan keagamaan, seperti pelayanan haji dan pelayanan pencatatan nikah yang terus meningkat. Banyak unit organisasi dan satuan kerja Kementerian Agama sejak 2017 dan 2018 menerapkan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dan mengembangkan digitalisasi pelayanan publik di bidang keagamaan.

Peringatan Hari Amal Bakti ke-73 Kemenag Kota Palopo

Selain itu, tambah RMB, toleransi beragama dapat dimaknai sebagai sikap “menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada pada pihak lain”. Sehingga Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama membawa pesan kepada kita semua untuk mewujudkan supremasi nilai-nilai ke-Tuhan-an dan keagamaan sebagai ruh pembangunan dan kemajuan bangsa.

“Dalam kesempatan ini, saya memohon perhatian semua elemen umat beragama, para ulama dan tokoh agaama, serta jajaran Kementerian Agama terhadap urgensi ketahanan keluarga sebagai basis ketahanan bangsa,”tandasnya.

Pada peringatan Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama tampak hadir Asisten I Bidang Pemerintahan, Drs. H. Burhan Nurdin, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Taufiq S.Kep.,Nrs., M. Kes, Kepala Kementerian Agama Kota Palopo, H. Usman, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, H. Asir Mangopo, Ketua Tim Penggerak PKK kota Palopo, Hj. Utiasari Judas, serta Unsur Forkopimda, dan Para peserta upacara.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini