Peringati Hari Kebangkitan Nasional 2022, Keraton Jogja Gelar Pentas Musikan Mandalasana

Terkini.id, Jakarta – Hari Kebangkitan Nasional selalu diperingati setiap tanggal 20 Mei. Bertepatan dengan hari nasional tersebut, Keraton Jogja menggelar Pentas Musikan Mandalasana pada Jumat, 20 Mei 2022 kemarin.

Pentas tersebut digelar di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Dikarenakan adanya keterbatasan akibat Covid-19, pentas tersebut ditayangkan secara live streaming di akun Youtube Kraton Jogja pada pukul 16.00 WIB.

Tema yang diangkat dalam lagu-lagu yang dibawakan adalah kebangsaan dan kebhinekaan. Pentas tersebut juga dibawakan menggunakan format ensembel tiup atau menggunakan alat musik tiup.

Baca Juga: Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Lingkup Satker LHK...

Beberapa lagu yang dibawakan adalah Indonesia Raya, Pambuka: Gati Mardawa, Mars Pancasila, Indonesia Pusaka, Sepasang Mata Bola, Tanah Airku, Medley Lagu Daerah, Dari Sabang Sampai Merauke, dan Bagimu Negeri.

Seluruh lagu tersebut telah diolah dan diaransemen oleh ML. Widyo Yitnowaditro yang merupakan seorang aransemen musik.

Baca Juga: Wali Kota Palopo Ikuti Seminar ‘Mendukung Serangan Umum 1 Maret...

Sebenarnya pihak Keraton Jogja sudah sering menampilkan Pentas Musikan Mandalasana untuk memperingati hari nasional seperti Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, Hari Kebangkitan Nasional, dan Hari Kemerdekaan Indonesia. Lagu-lagu yang dibawakan pun disesuaikan dengan hari nasional yang sedang diperingati.

Namun, pentas pada Jumat 20 mei 2022 kemarin terlihat berbeda sebab harus dilaksanakan secara virtual akibat masih adanya aturan pembatasan sosial akibat Covid-19. Biasanya, Pentas Musikan Mandalasana ramai ditonton oleh pengunjung lokal maupun mancanegara.

Melirik kembali pada sejarah, pada tanggal 20 Mei 1908 menjadi hari dimana organisasi pergerakan nasional pertama yang dibentuk anak bangsa bernama Boedi Oetomo lahir. 

Baca Juga: Wali Kota Palopo Ikuti Seminar ‘Mendukung Serangan Umum 1 Maret...

Organisasi tersebut bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan dengan sifat nonpolitik. Adapun tokoh pemrakarsa organisasi Boedi oetomo adalah dr. Cipto Mangunkusumo, Gunawan, Suraji, dan R.T. Ario Tirtokusumo, ditambah dengan beberapa mahasiswa STOVIA. 

Dilansir dari ditsmp.kemendikbud.go.id, tema Hari Kebangkitan Nasional pada tahun 2022 adalah “Ayo Bangkit Bersama!”. Dijelaskan bahwa tema tersebut dipilih sebagai bentuk seruan kebangkitan untuk seluruh bangsa Indonesia setelah menghadapi Covid-19.

Walaupun Pentas Musikan Mandalasana untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2022 telah usai, teman-teman tetap dapat menyaksikan tayangan ulangnya melalui akun Youtube Kraton Jogja. 

Berikut disajikan link untuk menyaksikan videonya:

Bagikan