Masuk

Pertemuan Perdana Wija Tomarilaleng Lolo Bone La Pamulu Daeng Parau

Komentar

Terkini.id, Bone – Sejumlah keturunan La Pamulu Daeng Parau bertemu di Kota Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Bukaka Duck Farm untuk silaturahmi dalam rangka merekatkan Tali Persaudaraan keluarga.

Turut hadir, Andi Muhammad Sapri Pamulu, Ph.D, Direktur Utama di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dr. Andi Singkeru Rukka, Akademisi UIN, Andi Padauleng Camat Ulaweng, dan kerabat lainnya. 

Sebagaimana diketahui, La Pamulu Daeng Parau adalah Tomarilaleng Lolo Kerajaan Bone yang juga menjabat sebagai Arung Cabalu/Palakka. 

Baca Juga: Kepala Desa Bulu Tanah Bone Pakai Dana Pribadi Untuk Bangun Kantor Desa

Di Kerajaan Bone, kedudukan To Marilaleng itu ada dua yaitu Tomarilaleng Toa dan To Marilaleng Lolo.

Tomarilaleng Toa adalah yang mengetahui dewan Ade’ Pitu. Jabatan ini berada dalam kewenangan Arung Ujung, diangkat dan diberhentikan oleh Ade’ Pitu. Pada dasarnya Tomarilaleng inilah yang menjalankan sepenuhnya kekuasaan umum. 

Sedangkan Tomarilaleng Lolo adalah yang berperan sebagai protokoler dalam istana dan juga sebagai pengawas atau penerus titah raja kepada para penguasa-penguasa daerah Arung Palili. 

Baca Juga: Cabuli Siswi SD, Dua Guru di Bone Dipastikan Akan Dipecat

To Marilaleng artinya orang dalam, gelar ini diberikan kepada orang yang sesuai dengan kedekatannya pada raja. La Pamulu Daeng Parau adalah putra Raja/Mangkau Bone ke-24 La Mappatunru To Appasessu Arung Palakka Petta Matinroe ri Laleng Bata.

Rumpun wija yang hadir diwakili oleh para keturunan dari klan Abdul Wahid Petta Bani, La Mallawangeng Petta , La Kasi Petta Mase, La Eppa Petta Solong, La Mella Petta Wero Sullewatang Barebbo, La Patellui Petta Sau Arung Sumaling, La Paduai Petta Mala Sullewatang Mario, Andi Lumba Petta Sese.

Sambutan keluarga diwakilkan kepada Andi Nuryadin Petta Bela yang menyampaikan pesan-pesan leluhur (pappaseng) terutama terkait dengan amanat sebagai wija mappideceng dan sekaligus mapparenta (kepemimpinan).

Sejumlah pengurus Perkumpulan WIja Raja La Patau Matanna Tikka (PERWIRA LPMT) juga turut hadir sebagai undangan dalam pertemuan perdana ini termasuk Andi Promal Pawi Kadis Parawisata Bone, Andi Dahrul, Andi Oddang, Andi Rudy Terwo dan Andi Bau Usdi, cucu Raja Bone terakhir Andi Mappanyukki.

Baca Juga: Puluhan Mahasiswa Polbangtan Kementan Lakukan Vaksinasi Ternak Cegah PMK di Bone

Dalam pertemuan ini lahir beberapa agenda kegiatan yang menjadi kesepakatan Bersama, yaitu Renovasi Makam, Arisan Keluarga, Penerbitan Buku Silsilah, serta Pertemuan Akbar pada tahun depan yang diharapakan akan hadiri seribuan lebih keturunan / Wija dari La Pamulu Daeng Parau.