Makassar Terkini
Masuk

Pesan Anwar Abbas Untuk Pemerintah dan Politikus: Kendalikan Diri dan Hormati Konstitusi!

Terkini.id, Jakarta – Wakil ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas berpesan untuk para politisi dan pemerintah untuk tetap mengendalikan diri dan menaati konstitusi ditengah gejolak politik.

Dia mengatakan agar menjunjung tinggi ajaran agama dan Pancasila sebagai bentuk pengendalian diri dari godaan melanggar konstitusi.

Terlebih, sekarang ramai diisukan soal perpanjangan masa jabatan presiden hingga 3 periode dan penundaan pemilu 2024.

“Pemerintah dan para plitisi di negeri ini agar bisa mengendalikan diri dengan benar-benar menghormati dan menjunjung tinggi ajaran agama, Pancasila dan konstitusi”, kata Anwar Abbas dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari laman CNN Indonesia, Sabtu 2 April 2022.

Selain itu, dia mengingatkan untuk tidak memasuki praktek korupsi, kolusi dan nepotisme yang belakangan ini marak dilakukan oleh para elite dan sudah menggurita.

“Jangan melakukan praktek korupsi, kolusi dan nepotisme yang akhir ini tampak sudah sangat menggurita”, lanjutnya.

Dia mengatakan jika pada saat bulan suci Ramadhan, salah satu yang bisa dipetik hikmahnya adalah puasa mengajarkan pengendalian diri untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat mencederai ibadah.

“Ini artinya dalam kehidupan keagamaan dan kebangsaan kita dituntut untuk mengendalikan diri dengan tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang ada dalam ajaran agama, dan falsafaj serta hukum dasar yang ada di negeri ini, yaitu UUD 1945”, tambahnya.

Dia kemudian berpesan kepada para pengusaha ahar dapat mengendalikan diri dalam menjalankan ibdah puasa dan tidak hanya mengejar provit.

“Tapi bagaimana mereka juga mai berbagi dan peduli kepada sesame serta tidak melakukan usaha-usaha yang akan merusak alam dan lingkungan hidupnya serta tidak merusak pasar dengan praktek monopoli dan oligopoly”, tuturnya.

Selanjutnya, dia menghimbau kepada masyarakat untuk bisa mengendalikan diri dengan menjauhi sikap konsumtif, hedonistic, dan materialistik serta mampu berempati kepada orang lain.

Disamping itu, anwar berpesan kepada para penegak hukum agar benar-benar dapat mengendalikan diri dan menegakkan hukum dengan baik serta seadil-adilnya.

Sebelumnya, isu amandemen konstitusi mencuat terkait wacana penundaan pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Kendati demikian, Presiden Joko Widodo mengatakan akan mematuhi konstitusi meski wacana tunda pemilu digaungkan oleh sejumlah pihak.