Makassar Terkini
Masuk

Peserta Asal Bulukumba Kenakan Pakaian Adat Kajang di Gemas Tingkat Nasional, Ikut Antar Sulsel Juara Umum 2

Terkini.id, Jakarta – Gelaran Gema Sakinah III tingkat nasional di Masjid Istiqlal DKI Jakarta telah usai pada Minggu, 6 Agustus 2022 kemain. 

Pada ajang tersebut, Propinsi Sulawesi Selatan turut andil dalam Gema Sakinah tersebut. Dari sejumlah rombongan yang berasal dari beberapa Kabupaten Kota di Sulawesi Selatan, peserta asal Bulukumba yang turut mewakili Sulawesi Selatan tampil beda. 

Betapa tidak, peserta lomba Ikrar dan Mars TAAM beregu yang diwakili oleh Abgariah Amzah, Faiha Nada Zalfa, Alika Naila Putri asal Kabupaten Bulukumba tampil dengan mengenakan pakaian adat khas Kajang Kabupaten Bulukumba. 

Kontingen LPPKS BKPRMI Propinsi Sulawesi Selatan ikuti Gemas tingkat Nasional di Masjid Istiqlal DKI Jakarta

Alhasil, penampilan mereka ini turut menambah jumlah perolehan medali (emas) dan tentunya ikut mengantar Sulawesi Selatan meraih juara umum 2 di ajang Gema Sakinah III tingkat nasional tahun 2022 tersebut di Jakarta. 

Direktur Daerah Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Keluarga Sakinah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia  (Dirda LPPKS DPD BKPRMI) Bulukumba, Pujianti mengatakan alasan memilih pakaian adat untuk memperkenalkan adat dan budaya asal Sulawesi Selatan yakni dari Kajang Bulukumba. 

“Ini lebih memperkenalkan lagi budaya Sulawesi Selatan yang berasal dari Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba di tingkat nasionalnasional,” bebernya saat dihubungi pada  Minggu 8 Agustus 2022.

“Dan khusus kepada anak-anak peserta yang mengenakan pakaian adat ini, mereka tentu sudah banyak mengetahui tentang apa sebenarnya adat Kajang Kabupaten Bulukumba, “sambungnya.
Ia juga berharap anak-anak yang ikut di ajang tersebut banyak mendapat pengalaman yang Insya Allah akan menjadi pengalaman bersejarah dalam meraih cita-cita masa depannya. 

Sebagai informasi, kontingen LPPKS BKPRMI Propinsi Sulawesi Selatan berhasil juara umum 2 dengan perolehan juara sebagai berikut:
Juara 1: 
– Lomba Gerakan Salat, diraih M. Izzat (Bulukumba) 
– Lomba Syahadat dan Doa Harian diraih Almeera Alfathunnisa (Sidrap)
– Lomba Ikrar dan Mars TAAM beregu diraih Abgariah Amzah, Faiha Nada Zalfa, Alika Naila Putri (Bulukumba) 
– Lomba Cerita Islami diraih Kadariah (Bulukumba)
– Lomba Kolaborasi Seni Santri, Guru dan Orang Tua TAAM diraih Muhammad Al Fatih, Muhammad Khairil Sarkan, Zulkifli, Muhammad Handi Yasin, Harian (Sidrap) 

Juara 2:
– Lomba Menyusun Balok diraih Almeera dan M. Izzat (Sidrap dan Bulukumba) 
– Lomba Hafalan Surah pendek dan doa harian diraih Muh. Alfatih (Bulukumba) 
– Lomba Cipta Senam Islami diraih Marhumi Yusuf, Suriyana Syam, Sukmajayanti, Mardiana, Yulianti (Sidrap). 

Direktur Wilayah LPPKS BKPRMI Sulawesi Selatan, Murniati, S.Ag mengapresiasi mengaku bangga sekali dengan prestasi yang diraih anak-anak nya yang mewakili kafilah asal Sulawesi Selatan. 

Mereka ini dapat mengharumkan nama baik Sulawesi Selatan dan LPPKS BKPRMI DPW Sulawesi Selatan. 

“Saya pribadi dan LPPKS BKPRMI Sulawesi Selatan serta atas nama masyarakat Sulawesi Selatan sangat bangga dan mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta dan pendamping yang turut serta dalam acara ini,” tuturnya. 

“Berkat perjuangan kalian yang luar biasa, sehingga bisa mengharumkan nama baik Sulawesi Selatan,”sambung Murniati yang juga Ketua Yayasan Pendidikan Islam ini. 

Direktur Wilayah LPPKS BKPRMI Propinsi Sulawesi Selatan, Murniati, SAg bersama putrinya di suatu kesempatan/ ist

Masih kata dia, prestasi yang diraih kafilah LPPKS BKPRMI Sulawesi Selatan itu sangat membanggakan. 

“Anak-anak kami telah memberikan karya terbaik dari kerja keras dan ketekunan. Semoga prestasi ini makin menambah motivasi mereka untuk terus belajar tentang ilmu keagamaan,” tutur pengurus Kerukunan Keluarga Bulukumba ini. 

“Sekali lagi, terima kasih kepada seluruh kafilah yang dari Kabupaten/kota yang mewakili Sulawesi Selatan. 
Senada Ketua Umum DPW BKPRMI Sulsel, Hasid Hasan Palogai. Ia menyampaikan rasa haru dan bangga atas prestasi yang ditorehkan kafilah Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah, kafilah Sulawesi Selatan mampu bekerja keras selama lomba Gema Sakinah Tingkat Nasional. Alhamdulillah hasilnya menorehkan prestasi yang membanggakan dan mampu mengharumkan nama baik Sulawesi Selatan sebagai juara umum 2,” bebernya. 

Pengurus LPPKS BKPRMI Propinsi Sulawesi Selatan

“Apa yang diraih pada Gema Sakinah III ini tidak terlepas dari doa dan dukungan dari semua pihak, aik dari peserta, orang tua, Official, pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat yang turut memberi dukungan moril dan materil kepada rombongan kafilah Sulawesi Selatan,” tutupnya.