Pesta Komunitas Makassar 2019 Kembali Digelar, Catat Tanggalnya!

PKM 2018
Foto bersama Panitia PKM 2018 usai menggelar rapat akbar di Karebosi Link Makassar. (foto/terkini.id)

Terkini.id, Makassar – Pesta Komunitas Makassar (PKM) akan kembali diadakan tahun 2019 ini. Kegiatan ini akan menjadi ajang berkumpulnya sekitar 300 lebih komunitas, pelaku industri kreatif dan Pemerintah Kota Makassar dalam rangka meningkatkan peran ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Dari 300 lebih komunitas dan pelaku kreatif yang terdaftar dalam database Makassar Creative City Network (MCCN) terbagi dalam beberapa kategori, yakni sosial, edukasi, travelling, lingkungan, pet lovers, hobi dan kreatif, fanbase/fansclub, fotografi, literasi, olahraga, beauty and fashion, enterprenuer, konservasi budaya, kepemudaan, kesehatan, teknologi, dan videografi.

Sementara untuk konsep kegiatan pelaksanaan PKM nantinya, pihak panitia mengangkat konsep “Rumah” dengan membagi beberapa area di Benteng Fort Rotterdam Makassar seperti Ruang Tamu, Ruang keluarga, Ruang Makan dan Halaman Belakang.

Untuk tahun ini, PKM 2019 akan dihelat pada tanggal 24-25 Agustus 2019 di Benteng Fort Rotterdam Kota Makassar.

“Selama pelaksanaan pesta komunitas Makassar pengunjung akan disuguhkan pameran dari berbagai komunitas yang akan menampilkan hasil karya mereka atau hanya sekadar memperkenalkan aksi-aksi atau program-program di komunitas masing-masing,” kata Ketua Panitia PKM 2019, Andi Nurul Ulum kepada media, Selasa, 20 Agustus 2019.

Selain itu, lanjut Nurul, akan ada banyak permainan menarik yang akan dihadirkan selama pelaksanaan PKM 2019 berlangsung.

“Kolaborasi PKM 2019 juga menyajikan beberapa atraksi pada pembukaan di hari pertama dan hari kedua PKM,” terangnya.

“Berbeda dengan PKM sebelumnya, untuk tema tahun ini adalah “Rampea Golla na Kurampeko Kaluku, sampaikan perihal diriku semanis gula, maka akan kuberitakan tentangmu segurih kelapa,” sambungnya.

Tema ini, kata dia, memiliki filosofi, Gula merah melambangkan keistimewaam/kebaikan, kelapa melambangkan kesucian.

“Pihak Panitia PKM 2019 mengangkat tema ini memiliki tujuan untuk menjaga persaudaraan dan kerja sama. Maknanya penting, bagaimana sesama saudara untuk saling mengingatkan akan hal menjaga nama baik dan kehormatan diri dalam menjalani hidup di dunia,” urainya.

Selain itu, lanjut Nurul, PKM 2019 juga menggandeng isu lingkungan khususnya pengelolahan sampah Kota Makassar, dimana pihak panitia berusaha mempertemukan beberapa pihak, antara lain Pemerintah Kota Makassar yang diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup, komunitas pegiat lingkungan dan individu masyarakat/akademisi yang berkonsetrasi dengan isu lingkungan.

Pihak panitia juga bekerjasama dengan Mall Sampah dalam pengelolahan sampah plastik yang dihasilkan selama 2 hari PKM dilaksanakan.

“Selain menikmati suguhan acara di Ruang Tamu yang disusun oleh panitia, pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner, produk-produk dari UMKM di Ruang Makan, kelas kecil di Ruang Keluarga dan berinteraksi dengan beberapa komunitas di Halaman Belakang,” kata Nurul.

“Tunggu apa lagi, catat tanggalnya dan ajak teman-teman, keluarga, atau gebetan kalian ke Pesta Komunitas Makassar 2019 di Benteng Rotterdam pada tanggal 24-25 Agustus nanti. Akan banyak aktivitas menarik yang akan kalian kenang di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini