PKM Babussalam Akan Laksanakan Shalat Ied Saat Pandemi Covid-19 di Dalam Masjid

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar-Dalam situasi wabah Covid-19 seperti saat ini, pemerintah pusat dan pemerintah daerah masih memberlakukan physical distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Namun situasi seperti saat ini tampaknya masih akan berlangsung sampai pelaksanaan shalat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Menyikapi hal itu, Ketua RW 10 bersama Ketua Kemakmuran dan Pengurus Masjid Babussalam Bumi Permata Sudiang, akan melaksanakan Shalat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19 di dalam Masjid.

Sebagaimana dikatakan Ketua RW 10 Perum BPS I, Al Qadri, Insya Allah hari ini, Jumat, 22 Mei 2020 akan datang team dari BNPB untuk melakukan survey ke Masjid Babussalam.

“Kami mengajukan surat pemberitahuan ke Penjabat Walikota Makassar Prof. Yusran Jusuf, dan alhamdulillah terkabul, namun harus menyiapkan sesuai protokol kesehatan, dan itu kami sudah siap,” kata Ketua RW 10 yang berlatarbelakang Polri ini.

Baca juga:

Alqadri berujar sekaligus berharap semoga saat pelaksanaan, situasi dan kondisinya aman dari Virus Covid 19.

“Selamat hari raya idul fitri 1441 H Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin,” ucapnya.

Pelaksanaan sholat idul fitri 1441 Hijriyah tersebut berdasarkan hasil rapat Pengurus Kemakmuran Masjid Babussalam (PKM) BPS Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya kota Makassar. Senin 18 Mei 2020 yang ditandatangani oleh Ketua ORW 10 Drs A. Alqadri, SH., MH dan Ketua PKM Babussalam Andi Makkulau, SE., MM., QIA.

Hadir Ketua PKM Babussalam, Ketua RW 10 BPS, Para Ketua RT Se-RW 10, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta para Pengurus Inti PKM Babussalam BPS 1 Sudiang yang menghasilkan kesepakatan untuk melaksanakan kegiatan Sholat Idul Fitri 1441 H di dalam Masjid Babubussalam dengan syarat mengikuti Protokol Kesehatan secara ketat, diantaranya panitia, harus menutup semua akses masuk kedalam Kompleks BPS 1 dengan menempatkan security Perumahan di setiap akses masuk. Hal tersebut sudah berjalan sejak himbauan WFH.

Kemudian, panitia menyiapkan bilik Desinfektan pada pintu masuk masjid dan menyiapkan thermogun maupun thermometer.

Selanjutnya, mewajibkan jamaah untuk memakai masker dan panitia meyiapkan masker bagi jamaah yang tidak membawa dari rumah.

“Jamaah untuk masing-masing membawa sajadah, mengatur jarak sesuai aturan social dan physical distancing serta setelah shalat ied berjamaah untuk langsung pulang ke rumah masing-masing tanpa bersalaman,” kata Alqadri melalui saluran WhatsApp. Jumat, 22 Mei 2020.

Dalam surat tersebut menginformasikan bahwa sejak himbauan WFH dari Pemerintah dan MUI, Alhamdulillah warga BPS 1 Sudiang sampai hari ini tidak ada yang terindikasi tertular wabah Covid-19 karena ketaatannya terhadap himbauan tersebut.

Komentar

Rekomendasi

Polres Gowa Mamfaatkan Kandang Ayam Terabaikan

Spesialis Cover Lagu, Channel YT ini Cocok Untuk Kamu yang Lagi Nyantai

Wujudkan RPH Sesuai Standarisasi dan Terintegrasi

Polres Gowa, Juara Pertama Bhabinkamtibmas Teladan Tingkat Polda Sulsel

Ops Ketupat Lipu 2020, Fokus Pada Pengendara Tidak Makai Masker

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar