PLUT Sulsel Turut Perkuat Peran KBT dalam Pemberdayaan UMKM

PLUT Sulsel Turut Perkuat Peran KBT dalam Pemberdayaan UMKM

Terkini.id,Makassar – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulsel turut serta memperkuat peran KBT (Klinik Bisnis Terpadu) dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar.

Bertempat di Kecamatan Biringkanaya Makassar, Koordinator Konsultan PLUT, Bahrul Ulum hadir bersama Dr.Sakka Pati dari Unhas, praktisi koperasi, M.Idris dan praktisi marketing online, Haeril Alfajri memberi penguatan KUMKM.

Kegiatan peningkatan kapasitas bagi KUMKM digelar Kamis dan Jumat, 25 dan 26 Oktober 2019 bertempat di Kelurahan Untia dan Kelurahan Pai Kecamatan Tamalanrea. Kegiatan serupa juga telah digelar di kecamatan lainnya di Makassar.

Pengembangan Klinik Berbasis Terpadu (KBT) mengacu Perwali Kota Makassar No 14 tahun 2010, bertujuan memfasilitasi KUMKM dalam rangka pengembangan usaha.

Dalam paparannya, Dr.Sakka Pati sebagai tenaga ahli KBT menyebut, kegiatan KBT bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM sehingga perannya sebagai penggerak perekonomian lokal makin meningkat.

Bahrul Ulum dari PLUT pada kesempatan ini memotivasi pelaku UMKM agar dapat naik kelas dengan memiliki visi,passion dan action dalam menjalankan usaha.Dia juga berbagi kiat-kiat praktis manajemen pada usaha mikro.

“Program KBT sangat sejalan dengan visi misi PLUT yang diharapkan mampu mensinergikan dan mengintegrasikan seluruh potensi sumber daya produktif, yang dimiliki pemerintah serta Stakehoders terkait dalam rangka penyediaan jasa layanan bagi pengembangan usaha Koperasi dan UMKM,” tambahnya.

Bahrul juga mengajak pelaku KUMKM Makassar memanfaatkan layanan PLUT dalam pendampingan usaha apabila masih ada permasalahan KUMKM yang belum terlayani di KBT.

Berita Terkait
Komentar
Terkini