Polbangtan Gowa Gelar Pelatihan Drone untuk Penyuluh di Tiga Kabupaten

Pelatihan Drone untuk Pemetaan.

Bertempat diruang rapat Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa diadakan pelatihan Drone untuk Pemetaan. Kegiatan ini merupakan rangkaian Bimbingan Teknik Teknologi Informasi yang dilaksanakan oleh Polbangtan Gowa guna mendukung program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani). (3/3).

Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari SINAUGIS Jogjakarta yang merupakan lembaga pendidikan yang mengkhususkan melatih kompetensi “Drone for Mapping”.

Awal pertemuan diisi oleh pendahuluan untuk mengenalkan Drone kepada peserta, peserta merupakan penyuluh pertanian yang berasal dari Kabupaten Toraja, Toraja Utara dan Kabupaten Enrekang yang merupakan wilayah tanggungjawab Polbangtan Gowa.

Dalam SK Menteri bernomor 84/KPTS/OT.050/M/I/2020 wilayah tanggungjawab Polbangtan Gowa adalah Kabupaten Toraja dan Toraja Utara, kami mengikutkan peserta dari Kabupaten Enrekang karena kami mempunyai MoU sebelumnya dengan Pemkab, jelas Kartika Ekasari selaku penanggungjawab Kostratani Polbangtan Gowa.

Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian memang mengharapkan agar para penyuluh ditingkatkan kemampuannya terutama bidang teknologi. Salah satunya memanfaatkan Drone untuk memetakan lahan.

Syahrul sepakat konsep bertani menggunakan teknologi saat ini menjadi sebuah keharusan dalam meningkatkan produktivitas pangan di Tanah Air. Kehadiran drone yang dipadukan dengan aplikasi digital pun bisa digunakan untuk memetakan tantangan yang dihadapi petani.

“Saya ingin mengatakan bahwa kita tidak menisbikan kekuatan atau kemajuan teknologi yang ada dan bagian dari bagaimana membangun produktivitas yang makin baik dan biaya produksi yang makin rendah itu harus dituju,” kata Syahrul ditemui di kompleks perkantoran Kementan, Jakarta, Senin, 11 November 2019.

Ia memastikan aplikasi drone bukan untuk menghilangkan lapangan pekerjaan terutama petani tradisional. Para petani bahkan bakal menerima manfaat yang lebih besar dengan bantuan teknologi.

“Kami uji coba lapangan dulu. Kita ini penduduk dengan jumlah demografi yang sangat besar. Penerapan ini harus bijaksana, tentu berproses,” ujarnya.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

BEM FSD UNM Salurkan Bantuan Sembako dan APD Untuk Mahasiswa dari Luar Makassar

1.569 Peserta SNMPTN 2020 Lulus di Unhas, Nama yang Lulus Diumumkan Hari Ini

Direktur Polbangtan Gowa Beri Bantuan Untuk THL dan Cleaning Service: Ini Amanah Mentan SYL

Pandemi COVID-19, Seluruh Aktifitas Akademik Dialihkan Ke Smartphone dan Notebook

Bahas Covid-19, Alumni LK2 HMI Korkom UMI Gelar Diskusi Online

Lewat Aplikasi Zoom, Mahasiswa UNM Ini Ujian Seminar Hasil Secara Online

Pantau WFH, Direktur Polbangtan Gowa Sampaikan Pesan Mentan SYL

Pertanian Tidak Berhenti, Petani Tana Toraja Tetap “Mangngarak Ta’nak Na Mantanan”

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar