Polisi Tangkap Dua Terduga Pelaku Pencurian di Jeneponto

Terkini.id, Jeneponto – Tim Pegasus  dan Unit Tahbang Polres Jeneponto yang dipimpin langsung oleh KBO Reskrim Iptu Nasaruddin dan  Katim Pegasus Aipda Abd Rasyad berhasil meringkus 2 orang terduga pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) dan pencurian dengan kekerasan (Curas).

Kasus Curat dan Curas itu diungkap oleh Tim Pegasus berdasarkan laporan kepolisian LPB/107/IV/2020/Sulsel/Res Jeneponto dengan pelapor NR Bin S (18), warga  BTN Putri kembar Kelurahan Empoang Selatan kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto.

“Sesuai laporan laporan kepolisian, pada hari Sabtu, 11 April 2020 sekitar pukul 15.00 wita korban sementara baring baring ditokonya kemudian datang pelaku berboncengan,” Kata Katim Pegasus Aipda Abd Rasyad kepada terkini.id, Minggu, 12 April 2020.

Baca Juga: Penyelidikan Kasus Bansos yang Ditemukan di Depok dihentikan, Polisi: Tidak...

Saat melakukan aksinya, pelaku berpura-pura untuk berbelanja di toko korban BTN Putri kembar kelurahan Empoang Selatan Binamu Jeneponto.

“Satu pelaku menunggu di motor dan yang satunya pura-pura ingin belanja, namun melihat situasi yang lagi sunyi dan korban sementara sendiri sehingga pelaku langsung menodong korban dengan sebuah pisau dan mengambil dua unit HP kemudian melarikan diri,” jelasnya.

Baca Juga: Puluhan Brimob Bersiaga untuk Pengamanan Bareskrim Diduga Soal Kasus Penembakan...

Pengungkapan 2 orang pelaku yakni, Sh (23) Kalukuang Kelurahan Balang Toa Binamu, dan ES (22) yang merupakan saudara tiri itu setelah tim Pegasus mendapatkan informasi adanya seseorang yang menjual HP di jalan  Karya Kelurahan Empoang  Binamu.

“Pelaku berhasil kita amankan setelah Tim mendapatkan informasi sekitar sekitar pukul 16.30 Wita ada seseorang yang menjual HP di Jalan Karya, dari informasi itu tim langsung bergerak dan mengamankan Mirwan (31) dari pengakuan Mirwan, HP yang dijual itu di di beli dari seorang perempuan atas nama Marni,” ungkap Aipda Abd.

Dari pengakuan Mirwan, Tim Pegasus melanjutkan pengembangan dengn mengamankan Marni di jalan Lingkar  Empoang  Binamu Jeneponto.

Baca Juga: Puluhan Brimob Bersiaga untuk Pengamanan Bareskrim Diduga Soal Kasus Penembakan...

“Saat diinterogasi, Marni mengaku HP tersebut dari iparnya bernama Syahrul, Tim kemudian mencari informasi keberadaan lelaki Syahrul, sekitar pukul 01.00 Wita Tim mendapat informasi keberadaan Syahrul yang berada di rumah mertuanya di kampung Kalukuang Kelurahan Balang Toa Binamu  dan tim bergerak k rumah tersebut dan berhasil mengamankan Syahrul,” ujarnya.

Dari hasil interogasi, Syahrul  mengaku saat melakukan aksinya pelaku bersama saudara tirinya yang bernama Emil Salim (22) Warga Kota Makassar namun tinggal di Pamesorang Desa Maccini Baju Batang.

“Timm kembali mendatangi pelaku dan berhasil mengamankan Emil Salim, dari hasil intorgasi pelaku mengakui pernah melakukan aksinya di beberapa tempat yakni, di BTN Putri Kembar mengambil 2 unit HP Vivo, Jalan  Lingkar Empoang Binamu mengambil 1 unit HP Vivo, Agang Je’ne Empoang Binamu kabupaten Jeneponto mengambil 1 unit HP xiomi 6A dan jalan Lingkar Empoang Binamu membawa lari  1 unit HP xiomi,” pungkasnya.

Aipda Abd Rasyad, mengaku, saat dilakukan penunjukan TKP terhadap di jalan Lingkar, pelaku Syahrul sempat mencoba melarikan diri dengan mendorong anggota dan melarikan diri sehingga dilakukan tembakan peringatan namun tidak diindahkan sehingga dilakukan tembakan terukur yang mengenai betis kanan.

“Begitupun saat dilakukan pengembangan barang bukti dan penunjukan TKP di BTN Putri Kembar, pelaku Emil juga mencoba melarikan diri

“Saat tiba di lokasi TKP, pelaku Emil  menunjukkan TKP, kemudian melihat situasi yang gelap, pelaku langsung meronta dan melarikan diri ke tengah sawah sehingga dilakukan pengejaran dan tembakan peringatan namun tidak diindahkan sehingga dilakukan tembakan terukur dan mengenai betis kiri dan kanan. Pelaku langsung di bawa ke rumah sakit untuk perawatan,” imbuhnya.

Dari Pengungkapan kasus Curat dan Curas itu, Polisi mrngmankan barang bukti, 1 Unit HP Vivo y71 warna silver, 1 unit HP xiomi warna silver, 1 unit motor Fino warna putih.

“Palaku dan barang bukti diamankan  Polres Jeneponto untuk proses hukum selanjutnya,” tutup Katim Pegasus Polres Jeneponto Aipda Abd Rasyad..

Bagikan