Polisi Usut Kasus Rasisme Natalius Pigai, Denny Siregar: Jangan Digoreng ke Kerusuhan Seperti di Timika

Terkini.id, Jakarta – Pegiat media sosial, Denny Siregar menanggapi soal kasus rasisme yang menyerang aktivis asal Papua Natalius Pigai yang saat ini sudah mulai diusut pihak Bareskrim Polri.

Lewat cuitannya di Twitter, Senin 25 Januari 2021, Denny Siregar menilai langkah polisi mengusut kasus serangan rasisme terhadap Natalius Pigai tersebut sudah tepat.

Pasalnya, kata Denny, kasus itu memang harus diselesaikan secara hukum agar isu rasisme tersebut tidak berlarut-larut dan mengarah ke kerusuhan seperti yang terjadi di Timika Papua.

“Bagus, DivHumas_Polri. Biar hukum yang bicara biar jangan digoreng-digoreng lagi ke kerusuhan seperti tahun kemarin di Timika,” cuit Denny Siregar.

Mungkin Anda menyukai ini:

Dalam cuitannya itu, Denny Siregar juga membagikan sebuah link artikel pemberitaan berjudul “Bareskrim Panggil Ambroncius Nababan Soal Dugaan Rasisme ke Natalius Pigai” yang tayang di situs Detik.com pada Senin 25 Januari 2021.

Baca Juga: Program DP 0 Rupiah Anies Tersangkut Kasus Korupsi, Denny: Lanjut...

Dalam artikel pemberitaan itu disebutkan, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri memanggil politikus Hanura Ambroncius Nababan (AN).

Pemanggilan tersebut terkait dugaan ujaran rasisme terhadap mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai.

“Benar, ada pemanggilan terhadap yang bersangkutan,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Brigjen Slamet Uliandi.

Baca Juga: Diduga Sindir Demokrat, Denny Siregar: Partai Itu Diisi Tukang Sabu...

Surat pemanggilan terhadap Ambrocius Nababan ini Nomor: S.Pgl/38/2021/Dittipidsiber. Surat panggilan dilayangkan pada hari ini. Dia dipanggil dengan status sebagai saksi pada Rabu 27 Januari 2021 pukul 10.00 WIB.

Adapun pemanggilan oleh Dittipidsiber Bareskrim Polri terkait kasus tersebut merupakan bentuk respons cepat atas adanya aduan masyarakat yang masuk ke Polda Papua Barat dan Bareskrim pada 24 Januari dan 25 Januari hari ini. Bareskrim sudah menerbitkan surat perintah penyidikan terhadap perkara ini.

Dalam pemanggilan ini, penyidik siber Bareskrim Polri akan mengklarifikasi ke Ambroncius mengenai akun FB yang digunakan dugaan penyebaran ujaran rasis.

Dari hasil klarifikasi itu akan ditentukan langkah lebih lanjut. Perlu juga dicatat, penyidik siber Bareskrim sebelum melakukan pemanggilan juga sudah memiliki temuan-temuan awal.

Sebelumnya, politisi Hanura Ambroncius Nababan dilaporkan ke polisi gara-gara unggahan di media sosial Facebook.

Facebook bernama Ambroncius Nababan tersebut membagikan postingan bersifat rasisme dengan membagikan foto Natalius Pigai disandingkan dengan foto gorila.

“Edodoeee pace. Vaksin ko bukan sinovac pace tapi ko pu sodara bilang vaksin rabies. Sa setuju pace,” demikian tertulis dalam narasi unggahan itu.

Bagikan