Ponpes Nur Inka Nusantara Madani AS Siapkan Program Pesantren Musim Panas, Ini Jadwalnya

Terkini.id – Pesantren Nur Inka Nusantara Madani Amerika Serikat sebagai pesantren pertama di negeri asal Paman Sam akan menyiapkan program Pesantren Musim Panas.

Presiden Nusantara Foundation, Imam Shamsi Ali mengatakan musim panas di Amerika adalah musim liburan panjang. 

Anak-anak sekolah liburan panjang selama dua bulan penuh. Yaitu bulan Juli dan bulan Agustus. 

Persiapan di pesantren Nusantara Madani untuk kegiatan program pesantren Musim Panas tahun 2021

Baca Juga: Ngeri Banget! Korban Guru Ponpes Pedofil Kini Bertambah Jadi 26...

“Masa kosong itu tentunya sering menimbulkan masalah sendiri bagi para orang tua,” bebernya. 

Disebutkan Imam Shamsi Ali bahwa tradisinya di musim panas ini sebagian liburan musim panas. Ada  yang kembali ke negara asal (kembali kampung halaman) menjenguk keluarga. Ada pula yang menggunakannya dengan melakukan liburan ke tempat-tempat yang menyenangkan. 

Baca Juga: AGH Sanusi Baco Meninggal Dunia, Imam Shamsi Ali Berduka: Saya...

“Sayang tidak semua bisa melakukan itu. Ada yang karena memang orang tuanya tidak bisa mengambil off (liburan). Ada juga karena memang dibatasi oleh kemampuan finansial. Tapi khusus tahun ini juga dikarenakan perjalanan jauh masih dibatasi oleh pandemi Covid-19,” terangnya.

Menurut pria kelahiran Kajang Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan itu mengaku bahwa semua ini menjadikan hampir seluruh anak-anak yang libur panjang itu terpaksa tinggal di rumah. 

Masalahnya kemudian adalah apa dan bagaimana kegiatan atau keadaan ketika anak tinggal di rumah sedemikian lama? 

Persiapan di pesantren Nusantara Madani untuk kegiatan program pesantren Musim Panas tahun 2021

Baca Juga: AGH Sanusi Baco Meninggal Dunia, Imam Shamsi Ali Berduka: Saya...

“Saya tidak perlu menyebutkan semua konsekwensi negatif di saat anak-anak tinggal lama di rumah. Mungkin satu hal yang paling nampak (visible) adalah bahwa anak-anak akan semakin terjatuh ke dalam rangkulan media sosial. Tanpa disadari kecanduan media sosial adalah satu bentuk “addiction” (kecanduan) yang sangat berbahaya,”urainya.

“Saya juga tidak perlu menglist bahaya kecanduan media sosial ini. Tapi secara sederhana dapat dilihat pada bagaimana keseriusan anak dalam hal-hal yang lebih penting dalam hidupnya. Tiada momen tanpa media sosial. Bahkan di saat terpisah dari media sosial anak-anak kita mengalami kegelisahan yang dahsyat,”sambungnya.

1 2
Selanjutnya
Bagikan