Puasa Ramadan Melahirkan Kesungguhan Dalam Pengabdian

Shamsi Ali

DI MALAM-malam terakhir bulan Ramadan ini, ujian itu semakin membesar. Kerap terjadi godaan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang justeru merugikan.

Di antaranya sebagian menyibukkan diri dengan ragam persiapan Idul Fitri yang masih jauh harinya.

Ada pula yang memang mengalami keadaan futuur (hilang semangat) di akhir-akhir Ramadan ini. Begitu semangat di awal, tapi kehilangan semangat di akhir Ramadan.

Mereka yang setengah menyerah di malam-malam akhir Ramadan ini mengalami kerugian yang sangat besar. Apalagi memang dalam pandangan Islam, amalan-amalan itu banyak dinilai pada akhirnya.

“Al-a’maalu bi khawaatiimiha” (bahwa amalan-amalan itu banyak ditentukan oleh bentuk akhirnya).

Sungguh sepuluh malam terakhir bulan Ramadan ini begitu mulia dan istimewa. Menyia-nyiakannya berarti menyia-nyiakan kesempatan emas yang Allah telah berikan kepada kita.

Salah satu amalan yang paling dianjurkan di sepuluh malam terakhir Ramadan adalah “i’tikaf”.

Sebuah amalan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya.

Secara fiqh i’tikaf dapat dipahami sebagai “berdiam diri di masjid sebagai ibadah karena Allah SWT”.

Defenisi sederhana ini sesungguhnya menyimpulkan bahwa amalan ini adalah bentuk “mujadah” (kesungguhan) dalam meraih ridho dan rahmah Ilahi.

Selain kesungguhan, amalan ini juga merupakan bentuk konsentrasi (menjauhkan diri dari berbagai gangguan) dalam beribadah kepada Allah dalam hari-hari tersebut.

Rasulullah SAW menyunnahkan kepada umatnya beri’tikaf selama sepuluh hari. Beliau pun melakukan hal yang sama. Bahkan di akhir-akhir hayat beliau, menurut riwayat yang lain, Rasulullah justeru melakukan i’tikaf selama 20 hari.

Dari praktek Rasulullah SAW sendiri sebenarnya dipahami bahwa ajaran ini dimaksudkan untuk menghadirkan konsentrasi penuh dalam mujahadah menuju kepada taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah di sepuluh malam terakhir Ramadan.

Saya tidak bermaksud mendiskusikan isu-isu fiqhiyah I’tikaf. Tapi sekedar menyelami makna-makna yang terkandung di dalamnya. Dengan memahami makna-maknanya, amalan ritual yang agung ini tidak sekedar berakhir dengan hitungan-hitungan pahala semata.

Ibadah-ibadah yang kita lakukan untuk sekedar pahala-pahala tidak memiliki nilai tambah (added value). Ibadah-ibadah itu seolah bagaikan sebuah “jual-beli” yang kembali modal.

Seolah-olah ibadah yang kita lakukan itu adalah barteran pahala dari Allah. Kita melakukan karena mengharap diberi (rewarded).

Saya tidak mengatakan hal itu salah. Sebab hadits memang mengatakan bahwa dalam menjalanakan ibadah, ambillah puasa misalnya, mengharap balasan itu wajar.

Rasulullah SAW bersabda: “barangsiapa Yang berpuasa karena iman dan ihtisaaban (mengharap pagala) Allah mengampini dosa masa lalunya”.

Kata ihtisaab mengilustrasikan seolah Allah ingin mengatakan “kamu lakukan, Aku bayar”.

Ibadah-ibadah tersebut tidaklah salah. Bahkan menjadi penyebab ampunan. Tapi tidak memberikan dampak nyata dalam kehidupan pelakunya.

Tujuan i’tikaf

Pertama, i’tikaf bertujuan membangun kedekatan dan kebersamaan dengan Allah SWT. Ini adalah masa-masa terbaik untuk menyendiri, tanpa siapa dan gangguan apapun dalam kebersamaan dengan Allah SWT. D

kebersamaan ini seorang hamba akan menjadi kuat, damai, tenteram, tidak mudah goyah oleh goncangan hidup duniawi.

Kedua, i’tikaf bertujuan membangun komitmen pengabdian (Ibadah) dengan kesungguhan hati. Di saat inilah dunia untuk sementara dikesampingkan.

Yang ada hanya jiwa ubudiyah kepada Allah SWT. I’tikaf mengajarkan agar hidup duniawi ini tidak harusnya mengganggu hubungan kita dengan Allah SWT.

Ketiga, i’tikaf juga dimaksudkan bertafakkur. Tafakkur menjadi jalan yang mendasar dalam proses menemukan “hidayah”. T

dan dzikir adalah dua sayap yang membawa kita terbang menuju kebesaranNya. Momen i’tikaf menguatkan keduanya.

Keempat, i’tikaf juga dimaksudkan sebagai masa-masa introspeksi diri atau “muhasabah”. Yaitu melakukan perhitungan terhadap diri sendiri.

Jika tafakkur berakhir dengan penemuan kebesaran Allah, maka muhasabah bertujuan untuk menemukan jati diri.

Kelima, i’tikaf juga menjadi momentum untuk menemukan nurani kemanusiaan kita. Nurani itulah yang biasa disebut “kata hati” yang selalu jujur.

Dengan menemukan nurani itu seseorang akan menjalani hidup dunianya dengan kejujuran (honesty).

Intinya, i’tikaf itu adalah bagian dari proses membangun pribadi hamba yang solid. Bukan sekedar ritual yang seolah menjadi rutinitas tahunan di hari-hari terakhir Ramadan.

Dan semoga Allah memberikan taufiiqNya kepada kita semua. Amin

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

Tanda-tanda Resesi

17 Agustus tahun ini.Tiga hari sebelumnya.Jam 6 pagi waktu New York.Itulah hari pertama kurva terbalik: yield bond jangka panjang lebih rendah dari yield bond
Opini

74 Tahun Indonesia, Merdeka dalam Penindasan

TANGGAL 17 Agustus 2019, bangsa Indonesia dari Sabang sampai Marauke memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun.Berbagai macam bentuk kegiatanpun dilakukan dalam rangka
Opini

Memaknai Kemerdekaan Bukan Sekedar Simbolik

TUJUH belas Agustus merupakan momentum bersejarah sepanjang rentetan peristiwa, yang turut menghiasi dalam konsep Indonesia.Euforia kemerdekaan menggema dari berbagai penjuru mendengar teks proklamasi di
Opini

Aktivis Repotlusioner

SEJARAH gerakan mahasiswa secara heroik menggambarkan kecerdasan dan militansi perjuangan mahasiswa dalam menciptakan gerakan massa dengan tujuan memperbaiki kebobrokan tatanan yang ada di Indonesia.Bagi
Opini

Mengapa Pemadaman Listrik Begitu Lama?

DI mana-mana terjadi mati listrik. Di Amerika, Eropa apalagi Indonesia. Penyebabnya yang berbeda.Persoalannya: Seberapa sering.Seberapa luas.Seberapa lama.Ada kalanya sering mati lampu. Itu karena produksi
Opini

Mensegerakan Revisi PP No. 44 Tahun 2015

KEHADIRAN program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan terus memberikan manfaat bagi pekerja kita. Khusus untuk Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan
Opini

Aspal Buton sebagai Aspal Berongga

Buku hasil adaptasi dari disertasi penulis  yang diselesaikan pada program studi Teknik Sipil Universitas Hasanuddin pada tahun 2018 lalu.Buku ini menganalisis pengaruh penambahan bahan
Opini

Titanium Megawati

"Tulis dong soal pidato Bu Mega di Bali"."Tidak mau"."Menarik lho pak. Apalagi kalau DI's Way yang menulis"."Politik. Sensitif," balas saya."Soal Sengon 1 Triliun itu
Opini

Cara BUMN Tiongkok Berkembang

PADA tahun 2015, pemerintah China melakukan reformasi radikal terhadap BUMN. Dari total 117 BUMN, disusutkan menjadi 98 BUMN saja. Dampaknya bukan hanya pengurangan jumlah BUMN