Praktikum mata kuliah, Mahasiswa Polbangtan Gowa diajari penggunaan GPS untuk pemetaan potensi wilayah

Praktikum Penggunaan GPS Mahasiswa Polbangtan Gowa

Sebanyak 85 mahasiswa jurusan Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan semester 2 pada kelas C dan D melaksanakan praktek mata kuliah Pemetaan Potensi Wilayah Peternakan yang dibimbing langsung oleh Dr. Syahdar Baba, S.Pt, MP dan Bapak Ir. H. Muh. Amir Saade, M.Si Sebagai penanggung jawab mata kuliah.

Praktik ini dilaksanakan di kelas lapangan peternakan. Tujuan dari praktik ini untuk mengetahui cara pengaplikasian penggunaan alat GPS (Global Position System) mulai dari penentuan titik lokasi dan luas suatu tempat dengan melakukan tracking mengelilingi wilayah.

GPS (Global Position System) adalah perangkat untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu.

Selain itu pula dapat merencanakan potensi peternakan pada wilayah yang cocok ditempati ternak untuk di produksi secara massal.

Jihadil salah seorang mahasiswa yang ikut pada praktikum ini mengatakan bahwa praktik yang dilakukan bersama teman mahasiswanya bisa menambah pengetahuan mengenai alat GPS sebagai salah satu alat untuk mengetahui titik lokasi dan luasannya dalam memetakan potensi wilayah khususnya peternakan. (JHD/MUZ).

Berita Terkait
Komentar
Terkini