Masuk

Presiden Soroti Pintu 13, Stadion Kanjuruhan Akan Diaudit

Komentar

Terkini.id, JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti pintu 13. Terkait hal itu, Stadion Kanjuruhan akan diaudit kembali, Kamis 6 Oktober 2022.

Bupati Malang M Sanusi menyebut Presiden Jokowi meninjau pintu 13 di Stadion Kanjuruhan yang menjadi salah satu penyebab tragedi pada Sabtu malam 1 Oktober 2022.

“Presiden tadi ke pintu 13. Titik yang dilihat Presiden, juga terkait jalan keluar. Itu terlalu curam. Nanti akan diaudit bangunan oleh Kementerian PUPR,” ucap Sanusi dilihat terkini.id dalam unggahan akun Instagram undercover.id pada Kamis 6 Oktober 2022.

Baca Juga: Asrama Mahasiswa Nusantara Mulai Dibangun di Makassar

Menurut dia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam waktu dekat bakal segera memeriksa bangunan Stadion Kanjuruhan.

Pemeriksaan dilakukan dalam upaya meningkatkan keselamatan suporter sepak bola. Seperti diketahui Stadion Kanjuruhan menjadi saksi bisu tewasnya 131 orang pasca laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu 1 Oktober 2022.

“Nanti dari PUPR akan ke sini. Apa yang mau dibenahi untuk keselamatan suporter, pemain, dan lainnya,” katanya.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Jokowi Himbau Jangan Ada Gesekan Sosial dan Adu Domba Politik

Sanusi menerangkan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus dalam keselamatan penonton. Salah satunya adalah akses tangga yang terlalu curam bagi penonton.

Pemerintah Kabupaten Malang, saat ini masih belum mendata kerusakan bangunan dan infrastruktur di Stadion Kanjuruhan. Diketahui, Kementerian PUPR akan datang ke Kabupaten Malang.

“Total kerugian masih belum. Nanti dari Menteri PUPR akan datang. Rencananya kata presiden minggu ini, dan seminggu ini bisa selesai,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, korban meninggal dunia imbas tragedi di Stadion Kanjuruhan sebanyak 131 orang. Sedangkan, 440 orang mengalami luka ringan dan 29 orang disebut mengalami luka berat.

Presiden Jokowi soroti pintu 13 tragedi Kanjuruhan/undercover