Ramos-Horta Resmi Dilantik Sebagai Presiden Ke-5 Timor Leste, Berikut Fakta Tentangnya!

Terkini.id, JakartaTimor Leste baru saja melantik peraih Nobel Jose Ramos-Horta sebagai presiden kelima negara itu pada Jumat ini.

Ramos-Horta sebelumnya menjabat sebagai presiden 2007-2012 dan perdana menteri serta menteri luar negeri.

Pelantikan presiden Timor Leste yang baru ini diselenggarakan di ibu kota Dili dengan sebuah upacara yang penuh kembang api dan tembakan meriam.

Baca Juga: Warga Timor Leste Chris Carrascalao, Ungkap Komponen Cadangan Berpotensi Seperti...

Presiden baru itu mengatakan dia akan mewakili semua orang Timor, dan berusaha untuk membangun kembali persatuan nasional setelah kebuntuan politik yang berkepanjangan di parlemen.

Ramos-Horta mengatakan hubungan negaranya dengan Indonesia dan Australia akan menjadi agenda utama nasional,sedangkan hubungan dengan China akan diperkuat lagi.

Baca Juga: Dulu Berjuang Lepaskan Timor Leste dari Indonesia, Kini Ramos Horta...

Selain itu, ia juga menyampaikan akan terus membina hubungan khusus dengan Amerika Serikat, dan mengadvokasi Timor Leste untuk bergabung dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Dia juga mengatakan hendak mendorong ketahanan pangan yang lebih besar dan mengusulkan pembentukan dana kopi untuk melindungi petani dari fluktuasi harga global.

Sebagai salah satu negara yang paling bergantung pada minyak dan gas di dunia, negara ini dinilai berhasil mengurangi tingkat kemiskinan yang tinggi.

Baca Juga: Dulu Berjuang Lepaskan Timor Leste dari Indonesia, Kini Ramos Horta...

Kendati dia calon independen dalam pemilihan presiden, Ramos-Horta didukung oleh partai Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor (CNRT), yang dipimpin oleh mantan presiden dan perdana menteri Xanana Gusmao.

Upacara pelantikan pada Jumat ini sekaligus menandai 20 tahun kemerdekaan Timor Timur.

Bagikan