Prodi S1 Teknik Sipil Unhas Raih Akreditasi Unggul BAN-PT

Terkini.id, Makassar – Prodi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil mendapatan peringkat Akreditasi tertinggi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yakni Akreditasi Unggul.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan BAN-PT No. 10491/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/VIII/2021.

Raihan predikat Akreditas Unggul pada program studi ini, merupakan satu-satunya di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Baca Juga: Bahas Studi Administrasi dan Penelitian, Humanis Fisip Unhas Gelar Workshop...

Ketua Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil Unhas, Prof. Dr. M. Wihardi Tjaronge, ST., M.Eng mengatakan, Akreditasi Unggul yang didapatkan merupakan peringkat yang diperoleh setelah memenuhi Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 1 tahun 2020, tentang Mekanisme Akreditasi untuk Akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT.

“Akreditasi tersebut didapatkan memalui jalur Instrumen Suplemen Konversi (ISK), yaitu penilaian akreditasi yang ditetapkan berdasarkan konversi peringkat dari sistem A, B, dan C, ke sistem peringkat unggul, baik sekali, dan baik,” kata Prof. Wihardi, Sabtu 4 September 2021.

Baca Juga: GenBI Unhas Sukses Gelar Webinar Kesehatan, Kupas Tuntas Soal Vaksin

Sementara itu, Sekretaris Departemen Teknik Sipil Prof. Dr. Ir. M. Isran Ramli, ST. MT., menambahkan bahwa diraihnya peringkat akreditasi dari BAN-PT tersebut tidak lepas dari pengakuan yang sebelumnya telah diraih.

Keunggulan yang dimiliki Program Studi S1 Teknik Sipil saat ini adalah telah menerimaka konginisi 2 lembaga akreditasi internasional yaitu ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) dan IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education).

Dengan capaian itu, Prof. Wihardi mengucapkan rasa syukur yang yang tak terhingga bahwa capaian-capaian tersebut merupakan ikhtiar kolektif oleh seluruh sivitas akademika Departemen Teknik Sipil.

Baca Juga: GenBI Unhas Sukses Gelar Webinar Kesehatan, Kupas Tuntas Soal Vaksin

“Semoga berbagai capaian yang telah berhasil diraih tidak lantas membuat Departemen Teknik Sipil berpuas diri dan mengabaikan taantangan ke depan,” tuturnya.

“Departemen Teknik Sipil akan terus berusaha memperbaiki mutu penyelenggaraan program studi, karena bagaimanapun perkembangan jaman yang senantiasa dinamis harus selalu diantisipasi. Standardisasi program studi merupakan indikator yang paling tepat,” pungkasnya.

Bagikan