Masuk

PSI Deklarasi Ganjar Pranowo Jadi Capres, Cuitan Giring Ganesha Jadi Sorotan

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Penetapan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) oleh PSI membuat cuitan Giring Ganesha menjadi bahan perbincangan publik.

Hal ini lantaran sebelumnya Giring Ganesha mengkritisi langkah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang mengumumkan Anies Baswedan sebagai Capres dari partai tersebut.

Giring Ganesha selaku Ketua Umum PSI menilai tindakan Partai Nasdem dan Anies Baswedan sangat tidak pantas karena Indonesia masih dalam kondisi berduka akibat Tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Siap Nyapres, Giring Ganesha: Bagus, Memang Sudah Seharusnya

“Hilangnya ratusan nyawa di #kanjuruhan membuat kami di @psi_id menyingkirkan bahasan politik sementara, deklarasi capres di tengah kedukaan tentu menyisakan rasa nir empati,” ujar Giring Ganesha, dikutip dari tangkapan layar akun Twitter @DonAdam68, Selasa 4 Oktober 2022.

“PSI konsisten menolak pemimpin pengusung politik identitas,” lanjut Giring Ganesha.

Tangkapan Layar Cuitan Ketua Umum PSI Giring Ganesha Sebelum Pengumuman Deklarasi Capres Ganjar Pranowo (Twitter @DonAdam68)

Diketahui saat ini cuitan Giring Ganesha yang menyindir Partai Nasdem dan Anies Baswedan telah dihapus dari akun pribadinya.

Baca Juga: Giring PSI Yakin Capai 10 Juta Suara: Harus Dong! Jauh di Atas Ambang Batas

Sebagai informasi, Grace Natalie selaku Wakil Ketua Dewan Pembina PSI telah resmi mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) yang didukung pihaknya pada Pemilu 2024.

Dalam acara jumpa wartawan yang digelar PSI pada Senin 3 Oktober 2022, Grace Natalie mengatakan keputusan partainya memilih Ganjar Pranowo adalah hasil dari forum Rembuk Rakyat.

“Ketika kami mulai (Rembuk Rakyat), Pak Ganjar mengetahui. Terkait dengan hasilnya, Pak Ganjar belum updated, dan (PSI) tidak memberi tahu secara khusus,” ujar Grace Natalie kepada wartawan, dikutip oleh terkini.id dari kompas.com, Selasa 4 Oktober 2022.

Grace Natalie juga menegaskan bahwa keputusan Ganjar Pranowo sebagai Capres yang didukung PSI adalah murni hasil keinginan rakyat.

Baca Juga: Ketua PSI Angkat Anak Korban Tragedi Kanjuruhan Sebagai Anak Asuh

“Ini adalah Capres 2024 pilihan rakyat lewat Rembuk Rakyat, bukan keinginan dari elite PSI, dan keinginan rakyat itu sesuai dengan hati nurani kami juga di PSI,” ucap Grace Natalie.

Grace Natalie menegaskan bahwa PSI tidak mempermasalahkan status Ganjar Pranowo yang bukan berasal dari pihaknya.

“Meskipun memang Mas Ganjar bukan kader PSI, tetapi PSI berkomitmen mendukung kandidat terbaik,” imbuh Grace Natalie.