Puluhan Penyandang Disabilitas Belajar Jadi “YouTuber” di Tengah Covid-19

Penyandang Disabilitas belajar jadi YouTuber secara daring

Terkini.id, Makassar – Sedikitnya terdapat 32 orang penyandang disabilitas fisik mendadak jadi “YouTuber”.

Hal ini terjadi ketika penyandang disabilitas Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya di Makassar mengikuti Workshop YuoTuber secara daring, Jumat 24 April 2020.

Kegiatan ini merupakan bentuk pemberian layanan keterampilan penghidupan (Livelihood) guna meningkatkan kapabilitas sosial penerima pelayanan yang menjadi ruh dari pemberian layanan rehabilitasi sosial lanjut yang dilaksanakan di BRSPDF Wirajaya sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial (Ditjen Rehsos) Kementerian Sosial RI.

Diketahui bahwa kegaiatan ini menjadi upaya Balai untuk beradaptasi sekaligus memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam pemberian layanan rehabilitasi sosial lanjut bagi penyandang disabilitas fisik.

Memiliki pemahaman menjadi YouTuber yang sukses, tentu menjadi Basic Marketing Skills bagi penerima pelayanan.

Menarik untuk Anda:

“Pelaksanaan kegiatan ini pula menjadi indikator akan antusiasme dan produktifitas belajar dari penerima pelayanan,” beber Kepala BRSPDF Wirajaya Makassar, Syaiful Samad.

“Fenomena tersebut, tentu sejalan dengan arahan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial (Dirjen Rehsos), Harry Hikmat yg senantiasa menekankan untuk tetap produktif meski ditengah pendemi Covid-19, dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19 dalam pelaksanaan setiap kegiatan,” sambung, Syaiful.

Selama dalam Balai, lanjut Syaiful, sesungguhnya para penerima pelayanan telah dibekali dengan berbagai terapi, termasuk terapi keterampilan reguler, diantaranya, keterampilan penjahitan, otomotif, elektronik, meubel, percetakan, tata rias, dan fotografi.

“Olehnya itu, dengan bekal keterampilan reguler yang diberikan, ditambah lagi dengan penguasaan pemanfaatan teknologi informasi, kesemuanya menjadi modal sosial bagi penyandang disabilitas dalam menjalani kehidupan ditengah-tengah masyarakat nantinya,” tegas Syaiful.

Disebutkan pula bahwa Tumming Abu yang dikenal sebagai Youtuber dan artis lokal ternama di Kota Makassar hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini.

Tumming-Abu lebih banyak membagi tips dan cara menjadi youtuber yang sukses, cara memilih tema dan konten kreatif, dan juga banyak memberikan materi yang bernilai motivasi sukses kepada para peserta, khususnya kepada Penerima Pelayanan.

Ia juga menekankan, bahwa kesuksesan itu semuanya berawal dari usaha dan kerja keras.

Begitupun keberhasilan seseorang tidak terlepas dari keteguhan tekad dan konsistensi terhadap pilihan yang menjadi passion diri kita masing-masing.

“Jika teman-teman memilih untuk fokus pada salah satu pilihan keterampilan, maka dibutuhkan keseriusan serta konsistensi dalam menjalankan aktifitas pilihan tersebut,”urai Tumming-Abu.

Selain Tumming-Abu, hadir pula Alis RG salah satu YouTuber lainnya asal Makassar sebagai narasumber pada kegiatan yang diberlangsung selama dua jam dengan mengangkat Tema “Berdaya” dimasa Darurat Covid-19 #dibalaiaja #gakmanamana.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Sah, OJK Perpanjang Program Keringanan Kredit hingga Oktober 2021

Hendak Menolong, Ibu Hamil Ini Malah Dibunuh secara Sadis oleh Orang yang Dia Tolong

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar