Makassar Terkini
Masuk

Putri Gus Dur Sarankan Jokowi Punya Juru Dengar, Biar Bukan Buzzer Saja yang Didengar

Terkini.id, Jakarta – Putri Presiden ke-4 RI, Abdurrahaman Wahid atau Gus Dur, Anita Wahid memberikan usul agar di pemerintahan Jokowi ada sosok juru dengar yang mampu mendengar suara rakyat.

Hal itu disampaikan langsung oleh putri Gus Dur itu secara langsung kepada Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, dalam  sebuah forum diskusi yang digelar virtual pekan lalu.

Anita lalu menuangkan kembali gagasannya tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

“Minggu lalu saya titip request lewat bang @fadjroeLagar selain Juru Bicara, ditambah juga dengan Juru Dengar,” tulisnya pada Sabtu, 30 Oktober 2021 dikuti dari haloriau.

Ia pun membeberkan tujuan usulannya untuk menambah sosok juru dengar di kabinet pemerintahan Jokowi.

Menurutnya, hal itu penting agar keluhan-keluhan masyarakat didengar secara jelas tanpa adanya pihak buzzer yang menjadi perantara.

“Biar enggak buzzer-buzzer atau yang ABS aja yang didengerin, tapi semua kelompok dan lapisan masyarakat didengar juga. Semoga sudah disampaikan dan semoga didengar,” ujarnya.

Usulan itu melintas begitu saja di pikiran Anita secara spontan.

Menurut penilaiannya, seorang juru dengar menjadi salah satu yang dibutuhkan Presiden Jokowi saat ini.

“Karena selama ini pemerintah lebih banyak berusaha menjelaskan sudut pandang kepada masyarakat, tapi justru minim dalam mendengarkan sudut pandang masyarakat,” tegas Anita.

Pemerintah, menurut Anita, hanya cenderung mendengar kalangan tertentu. Khususnya, orang-orang yang mendukung pemerintahan Jokowi.

Padahal, menurutnya mereka belum tentu mewakili aspirasi kelompok yang beragam secara lebih luas.