Ratusan Rumpun Keluarga Besar Tau Appa’a Ri Lembang Hadiri Silaturahmi dan Halal Bihalal

Terkini.id, Bulukumba – Keluarga besar Tau Appa’a ri Lembang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba menggelar silaturahmi dan halal bihalal, Kamis 5 Mei 2022 di rumah Dr Abdul Haris Sambu Daeng Matasa, M.Si tepatnya di Marajo Desa Bontorannu Kecamatan Kajang. Kabupaten Bulukumba.

Keseruan rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang saat menghadiri silaturahmi dan halal bihalal

Acara yang diprakarsai oleh rumpun Puang Mammiko Daeng Kuhu pasangan Puang Dullah Daeng Masikki ini dihadiri ratusan keturunan dari Tau Appa’a Ri Lembang baik yang berasal dari dalam daerah maupun yang sudah menetap di luar daerah.

Selain itu, kegiatan ini juga berlangsung cukup meriah dan sarat akan nuansa keakraban dan kekeluargaan.

Rumpun keluarga Karaeng Lungge Daeng Mattawang ikuti Halal Bihalal

Baca Juga: Aktor Senior Deddy Mizwar Dijadwalkan Berkunjung ke Kajang Hari Ini,...

Ketua Panitia pelaksana halal bihalal, Muhammad Arsyad Patawari Daeng Manai dalam laporannya mengatakan acara halal bihalal ini digelar dalam rangka merajut tali silahturahmi antar rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang.

Rumpun keluarga besar Puang Karaeng Lungge Daeng Mattawang melakukan kunjungan usai halal bihalal, Kamis 5 Mei 2022

“Alhamdulillah, meskipun sederhana kegiatan ini sangat bermakna. Rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang bisa bertemu. Senang bisa bertatap muka dengan rumpun keluarga,”bebernya.

Sambutan ketua panitia pelaksana Halal Bihalal Tau Appa’a Ri Lembang

Baca Juga: Besok, Deddy Mizwar Kunjungi Makam Leluhur di Kajang Bulukumba, Dikabarkan...

Menurut dia, kegiatan halal bihalal yang perdana dilaksanakan ini diharap dapat menjadi tradisi yang bermakna untuk menciptakan keharmonisan dalam bingkai persaudaraan antar sesama rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang.

“Semoga halal bihalal ini menjadi media dalam upaya merajut dan dan mempererat hubungan persaudaraan, kebersamaan antar sesama rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang katanya.

Sambutan tuan rumah pelaksana Halal Bihalal Rumpun Keluarga Tau Appa’a Ri Lembang

Sementara itu, Dr Abdul Haris Sambu Daeng Matasa, M.Si mengatakan tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk kembali saling kenal mengenal diantara keluarga serumpun. 

Baca Juga: Besok, Deddy Mizwar Kunjungi Makam Leluhur di Kajang Bulukumba, Dikabarkan...

“Karena tanpa saling kenal mengenal kita tidak bisa saling mengenal, tidak bisa bersatu. Dan kalau kita tidak bersatu, kita tidak bisa kuat. Sehingga kita berharap tujuan dari silaturahmi dan halal bihalal rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang ini bisa saling kenal mengenal diantara kita,”ujarnya kepada terkini.id, Kamis 5 Mei 2022.

Halal bihalal rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang

Sebagai informasi, Puang Karaeng Lembang yakni Karaeng Lungge Daeng Mattawang Vs Karaeng Bogge’ Daeng Matasa’ juga dikenal sebagai Karaeng Labbu Berang melahirkan empat orang anak, masing-masing Karaneg Jaru’ Daeng Mattinri’, Karaeng Nisa, Karaeng Mammiko  dan Karaeng Nangngai Daeng Mappuji.

Halal bihalal rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang

Di samping itu, acara ini juga turut dihadiri tokoh rumpun keluarga yang dituakan dalam hal ini, Mansyur Embas. Kemudian hadir juga Kepala Desa Lembang Lohe, Kepala Desa Bontobiraeng, Kepala Desa Singa, Kepala Desa Bontorannu, dan beberapa anggota DPRD Kota Bulukumba.

Halal bihalal rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang

Dalam sambutannya, Puang Mansyur Embas mengutarakan sejumlah sejarah pemerintahan di masa lalu hingga penjelasan seputar rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang. Sehingga dirinya menyampaikan beberapa pesan untuk dapat dijadikan pedoman oleh rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang atau kelurga besar Puang Karaeng Lungge Daeng Mattawang.

“Mari kita bina bersama agar rumpun keluarga ini bisa terajut selalu. Saya juga menyimpulkan beberapa hal kepada rumpun keluarga, seperti pentingnya saling menghargai, menghormati atau sipakatau,”tuturnya.

Hikmah halal bihalal rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang oleh Mayor Caj Mirwan Embas

“Kemudian pentingnya juga mengedepankan kepatutan, harus tetap dipelihara dan dihidupkan asal muasal serta mari kita ini berbuat persatuan dan kesatuan,”sambungnya.

Siarah makam usai halal bihalal rumpun keluarga Tau Appa’a Ri Lembang

Terakhir, kegiatan ini diisi dengan hikmah halal bihalal yang dibawakan oleh Mayor Caj, Mirwan Embas, S.Ag,M.Si dilanjutkan dengan acara siarah kubur ke makam Puang Karaeng Lungge Daeng Mattawang di Lembang.

Bagikan