Masuk

Rekam Jejak Buruk Azwar Anas, PDIP: Mungkin Pencalonan Gubernur Itu Toh?

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Rekam jejak Azwar Anas yang ditunjuk menjadi Menpan RB, disebut pernah memiliki rekam buruk kala dirinya hendak mencalonkan sebagai gubernur Jawa Timur pada tahun 2018 silam, Kamis 8 September 2022.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP menanggapi rekam jejak Azwar yang dipilih sebagai Menpan-RB baru untuk menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo.

Azwar Anas disebut sempat menjadi sorotan ketika mau mendampingi Syaifullah Yusuf di Pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018. Dilansir dari CNNIndonesia.com, saat itu diduga foto mesum seorang pria, mirip Azwar bersama perempuan beredar di media sosial. Dia disebut batal dan mundur untuk mencalonkan diri.

Baca Juga: PDIP Bantah Anies, AHY, Aher Persis Soekarno, Hatta, Sjahrir

Menanggapi hal demikian, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto menyebut skandal soal kejadian itu, kini sudah diabaikan.

Selanjutnya, kata Pacul, Azwar mempunyai rekam jejak yang mulus, baik ketika menjadi Bupati Banyuwangi ataupun sebagai anggota DPR.

“Mungkin kalau hanya catatan yang kurang baik di dikau kan hanya karena pencalonan gubernur itu toh? Tapi itu kan bagian yang mungkin sudah dianggap diabaikan,” sebut Pacul ke wartawan di kompleks parlemen, Rabu 7 September 2022.

Baca Juga: PDIP Anggap Restu Jokowi kepada Prabowo untuk Saling Memuji

“Tapi sebagai bupati kan dia punya catatan yang baik. Sebagai anggota DPR juga punya catatan yang baik track record-nya,” sambungnya.

Ketua Komisi III DPR tersebut, yakin Azwar dapat menggantikan Tjahjo sebagai Menpan-RB yang baru. Ia meyakini Azwar mempunyai rekam jejak dan kecerdasan menjadi menteri.

“Kalau soal kemampuan itu gampang dilihat dari track record nya. Itu adalah kemampuan menyesuaikan diri dan kecerdasan,” ucap Pacul.

Diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi sudah melantik Abdullah Azwar Anas menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Rabu 7 September 2022.

Baca Juga: Bahas Strategi Menghadapi Pemilu 2024, PDIP Makassar Gelar Rakercab

Azwar bakal mengisi kursi MenPAN RB yang sudah ditinggalkan Tjahjo sejak meninggal dari tanggal 1 Juni silam, usai dirawat intensif di rumah sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

Jokowi sempat memilih Mendagri Tito Karnavian menjadi Menpan RB Ad Interim tanggal 4 sampai 15 Juli 2022. Kemudian, Jokowi menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD sebagai Plt Menpan RB dari 15 Juli sampai ada pejabat menteri yang definitif.