Resmi Dibuka, Kementerian Pariwisata RI: F8 Event Luar Biasa dan Harus Dipertahankan

Festival F8 resmi dibuka

Terkini.id,Makassar – Gelaran Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau lebih akrab disebut F8 2019 resmi dibuka hari ini, Jumat, 11 Oktober 2019 malam di Citraland Losari City Cove 8 Kawasan CPI Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar. Event ini akan berlangsung hingga Minggu 13 Oktober 2019 mendatang.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan, Pemkot Makassar, anggota DPRD Kota Makassar, para tamu dan undangan dari luar kota baik dalam maupun luar negeri.

Selain itu, acara ini juga turut dihadiri Konsulat Jenderal Jepang, Pemerintah Kabupaten Sleman, dan sejumlah tamu undangan lainnya serta puluhan seratusan ribu penonton.

Pembukaan F8 2019 dibuka dengan ditandai pemukulan gendang oleh Perwakilan Kementerian Pariwisata RI yakni Team Ahli Calender Event of Event Kementerian Pariwisata, Tazbir, Inisiator F8 yang juga mantan Walikota Makassar, Danny Pomanto, dan juga perwakilan dari anggota DPRD Kota Makassar.

Pembukaan F8

Penabuhan gendang ini juga diwarnai dengan tari kolosal dari ratusan penari gabungan dari beberapa daerah di Indonesia, fashion show dari designer kenamaan tanah air, Mayaratih, Jad n Sugy Orkestra, dan penampilan lainnya.

Inisiator F8, Danny Pomanto dalam sambutannya mengatakan festival F8 adalah festival yang menggabungkan beberapa F seperti fashion, food, fiction, writers & fonts, fine arts, folks, fusion music, flora and fauna, dan film.

“Penyelenggaraan Festival F8 ini sudah kali keempat. Di festival ini menggabungkan hal yang luar biasa. Apalagi melibatkan berbagai komunitas, pelaku industri, UMKM, hingga seniman,” ujar mantan Walikota Makassar ini.

Danny melanjutkan bahwa tiga kali pelaksanaan F8 sudah masuk dalam Top 10 Calender of Event Wonnderful Indonesia Kementerian Pariwisata. Ini sangat luar biasa, event lainnya saja penyelenggaraan biasanya sampai kali kesepuluh baru masuk ke dalam kalender event Kementerian Pariwisata tapi F8 baru kali ketiga sudah masuk kedalam kalender Kementerian Pariwisata.

“Maka dari itu, mari bertekad untuk menjaga F8 agar berlangsung dengan baik, meski event ini dikelola oleh swasta tanpa campur tangan dari pemerintah. Tahun depan kita kelola F8 lebih baik lagi meskipun dikelola swasta. Tunggumi,” terangnya.

Sementara itu, Team Ahli Calender Event of Event Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Tazbi mengatakan event ini memang luar biasa.

“Event ini salah satu yang terbaik di Indonesiaa. Kenapa terbaik karena viewnya luar biasa. Lokasi ini sangat tepat untuk melaksanakan festival. Ini salah satu ide kreatif,” pungkas Tazbir diiringi dengan tepukan tangan penonton.

Menurutnya pekerjaan membesarkan event itu bukan pekerjaan yang mudah. F8 merupakan salah satu ide kreatif yang menggabungkan budayawan dan seniman yang berkolaborasi berbagai keterampilan.

“Jarang terjadi seperti ini. Kami di Kementerian Pariwisata sudah mengkurasi banyak event tapi event F8 adalah pilihan karena konsisten. Semoga event ini terus dilakukan dan dipertahankan, dijaga kualitasnya” harapnya.

Ia juga menambahkan bahwa festival tersebut mampu menggerakkan kretifitas masyarakat dan mengantarnya ke level Internasional. F8 harus menjadi kebanggan masyarakat kota Makassar.

“Sekali lagi mari kita pertahankan F8. Ini sangat bagus untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan pariwisata,” terangnya.

Salah satu pengunjung, Ani mengaku sangat terpesona dengan pelaksanaan F8 setiap tahunnya. Pokoknya spektakuler dan luar biasa. Setiap tahun ia hadir dalam pelaksanaan F8 dan selalu luar biasa.

“Tidak ada kata tidak untuk tidak dipertahankan event seperti ini apalagi membantu pelaku industri kreatif dan UMKM dan ini tentunya menjadi angin segar perputaran perekonomian kita,” tutupnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini