Makassar Terkini
Masuk

Soroti Kader PSI Dukung Anies Baswedan, Rocky Gerung: Gerah di Dalam Makanya Dia Keluar

Terkini.id, Jakarta – Pengamat politik Rocky Gerung menyoroti kader PSI Surya Tjandra yang beri dukungan ke Anies Baswedan.

Lewat kanal YouTube miliknya yang juga dipandu oleh Hersubeno Arief, Rocky menilai dukungan Surya Tjandra tersebut harus ditelusuri terlebih dulu.

Lebih lanjut lagi menurut Rocky, ada dua faktor yang mendasari hal tersebut yaitu Pull Factor (Faktor Penarik) dan Push Factor (Faktor Pendorong).

Rocky menjabarkan faktor pendorong mengapa Surya Tjandra memutuskan untuk mendukung Anies Baswedan dirasa lebih kuat.

“Tentu saja lebih kuat push factor-nya, jadi sebetulnya keluar dari itu yang harus kita tanya kenapa,” ucapnya lewat kanal YouTube Rocky Gerung Official yang dikutip Senin 1 Agustus 2022.

Lebih lanjut lagi, Rocky menuturkan faktor penarik mengapa kader PSI tersebut membelot adalah sosok dan kinerja Anies.

“Kalau masuk ke Anies itu masuk akal memang semua orang ingin masuk di-pull oleh integritas Anies. Tapi kita mesti tahu kenapa dia keluar. Di-push oleh siapa apa faktor yang membuat dia keluar dari situ,” ucap Rocky.

Terkait hal tersebut Rocky menjabarkan sejumlah masalah yang digeluti oleh PSI sebagai partai politik.

Hal tersebutlah yang menjadi faktor pendorong Surya Tjandra memutuskan memberi dukungan kepada Anies Baswedan.

“Faktor Push-nya, jadi gerah di dalam maka dia keluar,” beber Rocky.

Seperti diketahui, Surya Tjandra mengikuti jejak mantan petinggi PSI yaitu Sunny Tanuwidjaja yang memberikan dukungan kepada Anies Baswedan.

“Pak Anies punya kemampuan, punya kapasitas. Dia buktikan pada saat dia kerja sebagai Gubernur DKI ya paling tidak, dan kalau ini bisa di-scale up Jakarta-1, bisa jadi Indonesia-1,” tandas Surya dikutip dari kanal YouTube Total Politik, Jumat 29 Juli 2022.