Rumah Sakit Lapangan TNI AD di Sulbar Dilengkapi Komob

Terkini.id, Mamuju – Rumah Sakit Lapangan milik TNI AD saat ini telah berdiri di Lapangan Tammajarra Korem 142/Tatag, Rangas, Kecamatan Simboro dan Kepulauan, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Rumah sakit tersebut dilengkapi dengan sebuah alat komunikasi mobile (Komob) dan Visat Mangosky serta jaringan internet.

Dandenhub Korem 142/Tatag Letkol Chb. Jupri, ketika ditemui di lokasi mengatakan, kendaraan Komob dilengkapi dengan Server Radio Satelit, Repeater Mzilltrac, Internet Satelit (Mango Sky) dan Radio Handy Talky Milltrac yang berbasis teknologi, menggunakan jaringan internet sehingga dapat berkomunikasi jarak jauh, dimana ketersediaan jaringan internet  dari satelit (Visat).

“Sehingga memudahkan komunikasi di daerah atau lokasi yang tidak ada sinyal/blankspot,” jelas Jupri, Senin 25 Januari 2021.

Mungkin Anda menyukai ini:

Lebih jauh Letkol Chb. Jupri menjelaskan, salah satu fungsi kegunaan Komob ini untuk memudahkan koordinasi demi kelancaran dalam kegiatan evakuasi korban yang terdampak bencana untuk penanganan lebih lanjut , utamanya lokasi yang memang tidak dapat dijangkau signal. 

Baca Juga: IKA Magister Ilmu Biomedik Pascasarjana Unhas Bantu Korban Gempa Sulbar,...

Ia juga mengatakan fungsi dari Visat yang dipasang di Rumah Sakit Lapangan TNI AD adalah untuk menjamin tersedianya jaringan internet serta mengantisipasi apabila jaringan dari Telkom terkendala. 

Ditambahkan pula Dandenhub, bahwa pada saat terjadi gempa bumi di Sulawesi Barat tanggal 15 Januari yang lalu, jaringan komunikasi sempat terputus beberapa hari, yang berakibat sulitnya berkomunikasi satu dengan yang lainnya untuk saling tukar informasi.

“Pada hari kejadian gempa bumi, hubungan komunikasi dari Telkom mengalami gangguan, yang dapat digunakan hari itu hanya HT dan SSB  yang digelar oleh Denhubrem 142 Hubdam XIV/ Hsn untuk digunakan berkomunikasi dan koordinasi,” ucap Letkol Chb Jupri.

Baca Juga: Gubernur Sulbar Apresiasi Bantuan Logistik Sekolah Pascasarjana Unhas Untuk Korban...

Citizen Reporter : Gideon Pasande

Bagikan