Sah! Awang Darmawan Pimpin Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar

muhammadiyah
Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar resmi memiliki ketua baru yakni Awang Darmawan

Terkini.id, Makassar – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar resmi memiliki ketua baru yakni Awang Darmawan. Pelantikan eks wartawan Tempo itu digelar di Morante Ballroom, Hotel Singgasana, Makassar, Minggu 16 Februari 2020.

Pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh politik. Di antaranya, Bakal Calon Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dan Iqbal Djalil.

Hadir pula sederet ketua partai seperti Ketua DPW Perindo Sulsel Sanusi Ramadhan, Ketua Demokrat Makassar yang juga Wakil Ketua DPRD Makassar Adi Rasyid Ali, dan Ketua DPD NasDem Makassar Andi Rachmatika Dewi.

Selain itu, sejumlah anggota DPRD Sulsel juga ikut hadir di pelantikan ini di antaranya Risfayanti Muin dari Fraksi PDIP dan Rahman Pina dari Fraksi Golkar. Turut serta hadir Ketua Askot PSSI Makassar Ahmad Susanto, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono, serta Pasi Intel Kodim 1408 Makassar.

Prosesi pelantikan sendiri dipimpin langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulsel Elly Oschar dan disaksikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar Nurdin Massi.

Baca juga:

Usai dilantik, Awang Darmawan menyatakan kesiapannya untuk menjadikan Pemuda Muhammadiyah sebagai organisasi modern sekaligus menjadikan kehadiran organisasi otonom Muhammadiyah ini sebagai solusi untuk negeri, khususnya di Kota Makassar.

“Kami bertekad membawa Pemuda Muhammadiyah berkontribusi bagi pemulihan krisis yang menghimpit sendi-sendi kehidupan bangsa dan negara. Sudah saatnya Pemuda Muhammadiyah bangkit sebagai kekuatan terdepan di dalam merespon dan menyikapi dinamika zaman,” katanya.

Lebih jauh, Awang menjelaskan, periode kepengurusannya kali ini mengusung misi reinvensi Pemuda Muhammadiyah. Reinvensi ini diarahkan pada upaya untuk menumbuhkan dan memberdayakan pemuda Islam di Kota Makassar.

Harapannya, lanjut Awang, dengan pemuda bertumbuh dan berdaya kemajuan umat dan Kota Makassar dapat diwujudkan.

“Bagi kami, mustahil kemajuan dapat terwujud jika tanpa pemuda yang terus bertumbuh dan berdaya. Pemuda yang bertumbuh dan berdaya ini kita wujudkan lewat dakwah Islam berkemajuan, gerakan intelektual, dan pemberdayaan ekonomi umat,” kata mantan Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Makassar itu.

Awang juga menegaskan kembali komitmen Pemuda Muhammadiyah untuk menjadi mitra strategis sekaligus mitra kritis pemerintah.

“Meski pelantikan ini tak sepeserpun mendapatkan bantuan dari pemerintah kota, hal itu tak menyurutkan niat kami untuk ikut memajukan Makassar. Sebab, pada hakikatnya organisasi Muhammadiyah sudah terbiasa untuk mandiri dan memegang teguh prinsip memberi dan melayani. Walaupun kami tetap membutuhkan sokongan pemerintah,” jelas Awang.

Ia juga menyatakan siap untuk bekerjasama dengan semua stakeholder dan elemen pemuda dalam rangka memajukan umat dan Kota Makassar.

“Sekarang saatnya era kolaborasi bukan lagi era kompetisi. Maka dari itu kami mengajak semua pihak untuk ikut berfastabiqul khaerat (berlomba dalam kebajikan) demi mewujudkan Kota Makassar yang berkeadaban,” tutur Awang.

Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulsel Elly Oschar dalam sambutannya juga menyatakan, Pemuda Muhammadiyah merupakan organisasi besar yang bahkan usianya lebih tua dari Republik Indonesia. Sehingga, komitmen organisasi otonom Muhammadiyah ini dalam rangka memajukan negeri dan menjaga kesatuan NKRI tak perlu diragukan lagi.

Ia juga mengingatkan bagi kepengurusan yang baru untuk tetap menjaga keikhlasan dan motivasi dalam mengurus persyarikatan ini.

“Pemuda Muhammadiyah itu tempat orang bekerja ikhlas, sebab tidak ada uang di Pemuda Muhammadiyah. Maka dari itu tetap jaga kemurnian niat dan semangat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar, Nurdin Massi yang hadir memberi amanat menitip pesan agar kepengurusan yang baru bisa membantu menggerakkan dakwah Islam Berkemajuan di cabang dan ranting.

“Kita berharap pengurus yang baru di bawah kepemimpinan Awang ini bisa berkontribusi terhadap kemajuan Muhammadiyah di Makassar,” tukasnya.

Komentar

Rekomendasi

SATU Indonesia Awards Cari Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi Covid-19

Pemuda ini Sebut Dokter Garda Terakhir Penanganan COVID-19

Pemuda Pencari Amal dan Cinta Kompleks Pemda Bagi Sembako dan Masker

Salut, Petani Muda di Desa Turun Gunung Bagi Sayuran Gratis ke Warga Bantaeng

Pemuda Asal Sulsel Ini Jadi Komisaris Independen Bank Syariah Mandiri

Aksi Anak Muda Makassar Produksi APD Gratis untuk Tenaga Medis Covid-19

Wagub Andi Sudirman Ngopi Bareng Arief Rosyid dan Ismail Bahtiar

Telkomsel Ajak Pelanggan di Makassar Nonton Bareng Milea

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar