Segini Jatah Dana Kolaborasi Penanganan Pemukiman Kumuh Kota Parepare

Pemkot Parepare
Gedung kantor Pemkot Parepare

Terkini.id, Parepare – Dana kolaborasi untuk penanganan permukiman kumuh di Kota Parepare mencapai Rp19 Miliar rupiah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Dana Alokasi Khusus dan dari swadaya.

Kasubid Pengembangan Wilayah dan SDA Bappeda Parepare, Andi Talhayanti mengatakan, peruntukan dana tersebut sudah dipetakan.

“Dana KOTAKU untuk Kota Parepare senilai Rp6 Miliar, yang masing-masing dialokasikan Rp1 miliar per kelurahan untuk enam kelurahan,” ungkap Talhayanti, Rabu 25 Desember 2018.

Sepanjang 2019, kata Talhayanti, ada beberapa kegiatan kolaborasi penanganan pemukimankumuh di Parepare. Di antaranya pembangunan MCK, Ipal, jamban yang tercapai delapan unit, dengan biaya Rp2,5 miliar, pemanfaat 664 KK.

Kemudian pembangunan drainase yang tercapai 6.704 meter, biaya Rp1,9 miliar, dan pemanfaat 1.828 KK

Pembangunan perumahan, tercapai 16 unit, biaya Rp315 juta, dan pemanfaat 18 KK. Serta pembangunan jalan (beton, hotmix, paving blok dan pedestrian) yang tercapai 9.596 meter, biaya Rp11 miliar, pemanfaat 2.541 KK.

Dia menambahkan, saat ini Perda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh dalam proses koordinasi Pemda bersama DPRD Parepare.

Lalu sudah ada Perda Kota Parepare Nomor 5 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung. RTRW sudah ada dan telah diperdakan No.10 Tahun 2011.

“Kota Parepare juga sudah memiliki Dokumen Strategi Sanitasi Kota atau SSK dan Dokumen Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum,” katanya.

Komentar

Rekomendasi

Pemkot Parepare Bakal Lakukan Penambahan Box Disinfektan di Pasar Lakessi

Wali Kota Taufan Anggap Pasar Butuh Perhatian Lebih Cegah Corona

Walikota Taufan Pawe dan Forkompinda Berbagi Masker di Pasar

Dinkes Parepare Bagi Vitamin Petugas ke di Perbatasan

Terus Lawan Covid-19, ini Imbauan Walikota Parepare

Walikota Parepare Apresiasi Manajemen RSUD Andi Makkasau

Antisipasi Covid-19, Pemkot dan Dinkes Parepare Perketat Pengawasan Penumpang Kapal

Sejumlah Ormas di Parepare Lakukan Penyemprotan Disinfektan ke Angkutan Umum

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar