Segini Jatah Dana Kolaborasi Penanganan Pemukiman Kumuh Kota Parepare

Terkini.id, Parepare – Dana kolaborasi untuk penanganan permukiman kumuh di Kota Parepare mencapai Rp19 Miliar rupiah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Dana Alokasi Khusus dan dari swadaya.

Kasubid Pengembangan Wilayah dan SDA Bappeda Parepare, Andi Talhayanti mengatakan, peruntukan dana tersebut sudah dipetakan.

“Dana KOTAKU untuk Kota Parepare senilai Rp6 Miliar, yang masing-masing dialokasikan Rp1 miliar per kelurahan untuk enam kelurahan,” ungkap Talhayanti, Rabu 25 Desember 2018.

Baca Juga: Wali Kota Parepare Rayakan HUT Bhayangkara ke-76 dengan Main Futsal

Sepanjang 2019, kata Talhayanti, ada beberapa kegiatan kolaborasi penanganan pemukimankumuh di Parepare. Di antaranya pembangunan MCK, Ipal, jamban yang tercapai delapan unit, dengan biaya Rp2,5 miliar, pemanfaat 664 KK.

Kemudian pembangunan drainase yang tercapai 6.704 meter, biaya Rp1,9 miliar, dan pemanfaat 1.828 KK

Baca Juga: Tinjau Stadion BJ Habibie, Taufan Pawe: Akan Jadi Homebase PSM

Pembangunan perumahan, tercapai 16 unit, biaya Rp315 juta, dan pemanfaat 18 KK. Serta pembangunan jalan (beton, hotmix, paving blok dan pedestrian) yang tercapai 9.596 meter, biaya Rp11 miliar, pemanfaat 2.541 KK.

Dia menambahkan, saat ini Perda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh dalam proses koordinasi Pemda bersama DPRD Parepare.

Lalu sudah ada Perda Kota Parepare Nomor 5 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung. RTRW sudah ada dan telah diperdakan No.10 Tahun 2011.

Baca Juga: Tinjau Stadion BJ Habibie, Taufan Pawe: Akan Jadi Homebase PSM

“Kota Parepare juga sudah memiliki Dokumen Strategi Sanitasi Kota atau SSK dan Dokumen Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum,” katanya.

Bagikan