Disdukcapil Parepare Bagikan Dokumen Kependudukan ke Korban Kebakaran

Terkini.id, Parepare – Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Parepare, bergerak cepat membantu korban kebakaran, di Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat. 

Plt Kepala Kantor Disdukcapil Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan hal itu sebagai bentuk kepedulian pemerintah melalui Disdukcapil. 

Pihaknya dan para petugas Disdukcapil telah turun menyerahkan dokumen Kependudukan warga yang menjadi korban musibah tersebut.

Baca Juga: Lapangan Andi Makkasau Parepare Direnovasi, Rumputnya Setara Stadion GBK

“Kita serahkan dokumen Kependudukan warga yang menjadi korban. Dokumen Kependudukan mereka ikut terbakar saat kejadian,” ucap Hamka, Selasa 1 September 2020.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Parepare, itu mengungkapkan, sehari setelah kejadian pihak Dukcapil Parepare langsung membuka layanan administrasi kependudukan. 

Baca Juga: Pemkot Parepare Raih Juara Pertama Ajang SSIC 2021

“Warga yang KTP atau surat kependudukannya terbakar langsung dibantu kepengurusannya. Hari ini kita serahkan 14 fisik KTP elektronik (e-KTP). Ini bentuk kepedulian pemerintah,” ucap Hamka.

Hamka menjelaskan, dokumen Kependudukan sangat dibutuhkan oleh korban untuk pendataan dan administrasi penerimaan bantuan kemudian.

“Kit tidak ingin administrasi dan pendataan terhambat karena persoalan dokumen Kependudukan,” katanya.

Baca Juga: Pemkot Parepare Raih Juara Pertama Ajang SSIC 2021

Selain e-KTP, lanjut Hamka, sebanyak 8 Kartu Keluarga (KK), 1 Kartu Identitas Anak (KIA) dan 5 akta lahir juga sudah diserahkan kepada warga korban kebakaran.

“Brkas administrasi kependudukan mereka sudah kembali. Mereka sudah miliki secara lengkap,” tandasnya.

Sebelumnya, kebakaran hebat terjadi saat minggu sore di Sumpang Minangae. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang melahap 8 Rumah warga tersebut.

Sekda Kota Parepare, Iwan Asaad, mengatakan, Pemerintah Kota Parepare bergerak cepat dalam hal menangani persoalan data kependudukan dan Catatan sipil bagi warga yang hilang datanya langsung ditangani dengan baik.

“Kita bergerak cepat melalui Kependudukan dan Catatan Sipil untuk menyalurkan Data kependudukan warga yang terdampak bencana dan lenyap karena ikut terbakar,”urainya.

Bagikan