Sehat Berpuasa Saat Pandemi Covid-19, Simak Tips Menu Buka Puasa dan Sahur dari Dokter Wachyudi Muchsin

Terkini.id – Bulan Ramadan yang kita jalani tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Biasanya umat Islam menunaikan ibadah puasa dengan aktivitas yang kurang lebih sama dengan yang dilakukan sehari-hari. Namun, tahun ini tidak jauh beda dengan tahun 2020 lalu dimana masih dengan penuh keterbatasan.

Walaupun berpuasa di tengah pandemi Covid-19, kita tetap perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, salah satunya dengan pemilihan menu makanan yang kita konsumsi.

Baca Juga: Mahfud MD Soal Vaksinasi: Kita Perlu Dukungan dan Perantara Alim...

Dalam melaksanakan ibadah puasa, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa maupun makan sahur.

dr Wachyudi Muchsin SH MKes membeberkan pemilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Baca Juga: Balai Gakkum LHK Wilayah Sulawesi Berbagi Kasih di Tengah Pandemi...

“Ketika berbuka puasa, mesti mengonsumsi makanan dengan penghasil energi yang baik terlebih dahulu. Seperti kurma dan buah-buahan segar lainnya,” kata Dokter Koboi sapaan Kabag Humas Universitas Islam Makassar ini.

“Setelah itu, Anda boleh mengonsumsi makanan utama, seperti nasi, lauk pauk dan sayuran untuk mengisi energi dalam tubuh,” sambungnya.

Tak hanya itu, Wachyudi menjelaskan pentingnya air putih saat buka puasa. 

Baca Juga: Kenali, Ini Olahraga yang Cocok untuk Jaga Kesehatan di Masa...

“Hindari mengkonsumsi teh, kopi dam minuman yang bersoda. Sebab, dapat mengakibatkan efek duretik dan cepat haus. Minumlah air putih minimal 8 gelas saat berbuka puasa dan sebelum tidur,” terang Dokter Yudi yang juga Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar itu.

1 2
Selanjutnya
Bagikan