Makassar Terkini
Masuk

Sejarah Lomba Makan Kerupuk Indonesia, Rupanya Bermula saat Krisis Ekonomi

Terkini.id, Makassar –  Kerap  digelar setiap perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tahun yang sekarang sudah 77 tahun merdeka, 17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2022, lomba makan kerupuk memiliki arti mendalam untuk rakyat Indonesia.

Hari Kemerdekaan Indonesia selalu diramaikan dengan berbagai perlombaan pada perayaan HUT RI 17 Agustus , salah satunya yaitu lomba makan kerupuk, seperti di kutip dari PikiranRakyat.com pada 16 Agustus 2022.

Meski selalu memiliki tingkat keseruan saat dilakukan, ternyata sejarah lomba makan kerupuk tidak sesederhana yang kita lihat saat ini.

Mengutip PikiranRakyat.com dari Instagram @kemendikbud.ri akun resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sejarah lomba makan kerupuk dulu hanya dilakukan oleh warga menengah kebawah.

Kerupuk sudah menjadi makanan pelengkap andalan bagi bangsa Indonesia sejak dulu, khususnya pada era 1930 hingga 1940-an.
Pada tahun itu, krisis ekonomi sedang terjadi di Indonesia dan menyebabkan harga kebutuhan pangan melonjak sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Akibat krisis ekonomi tersebut, akhirnya kerupuk pun menjadi salah satu penyambung hidup masyarakat lantaran harganya bisa dijangkau oleh masyarakat kebawah.

Sejak Indonesia berhasil merebut kemerdekaan pada tahun 1945, dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pun bermunculan berbagai lomba balap karung, balap keleren, termasuk lomba makan kerupuk.

Lomba makan kerupuk menjadi hiburan untuk setiap perayaan HUT RI sejak masa peperangan berakhir. 

Bukan hanya sebagai ajang hiburan, makan kerupuk juga menjadi pengingat bagi kita masyarakat Indonesia akan kondisi sulit dan memprihatinkan pada masa-masa peperangan.

Jika pada masa dulu hanya dilakukan oleh masyarakat menengah kebawah, sekarang tradisi lomba makan kerupuk sudah dimainkan oleh semua golongan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, sampai ibu-ibu dan bapak-bapak. 

Perlombaan makan kerupuk ini tidak hanya diadakan pada saat momen HUT RI 17 Agustus saja, melainkan saat acara pada hari biasa juga sering dimainkan.

Lomba makan kerupuk sangat seru, bahkan  lomba  tradisi masyarakat ini juga sangat mudah untuk dimainkan.

Cara lomba makan kerupuk umumnya; seutas tali di gantung pada tiang, berjejer sampai beberapa utas dan di ujung tali tersebut di ikatlah kerupuk itu. Pada saat lomba di mulai , peserta tidak boleh memegang kerupuk yang sudah digantung oleh panitia.

Kerupuk yang di tergantung akan disesuaikan dengan tinggi peserta, aturan utama peserta tidak boleh memegang kerupuk. Jika tersentuh atau jatuh maka peserta akan didiskualifikasi.
Untuk pemenang dalam lomba makan kerupuk, biasanya orang pertama yang menghabiskan kerupuk atau menyisakan paling sedikit jika menggunakan waktu.

Penulis: Sahrul Pahmi